Faktual.id
KOMUNIKASI POLITIK

Semakin Terbukti, Jokowi Bawa Iriana Kunjungi Jawa Tengah Ditempat Yang Sebelumnya Dikunjungi Capres 03

Menanggapi keresahan Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi mengajak Iriana berkunjung ke Jawa Tengah usai kampanye capres ke-03.

Usai kampanye Ganjar di Jawa Tengah, Jokowi membawa Iriana ke provinsi yang sama untuk menyalurkan bantuan.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan datang ke Jawa Tengah usai kampanye calon presiden nomor urut 3 di Kandang Banteng.

Dan dugaan Ganjar pun kini terbukti.

Apalagi ini bukan pertama kali, Presiden Jokowi berkunjung ke sebuah daerah yang baru saja dikunjungi oleh Ganjar Pranowo.

Meski sebelumnya Jokowi membantah bahwa ia membuntuti kampanye Ganjar di daerah.

Keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Tengah pada Senin (22/1/2024).

Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Kepala Negara dan rombongan terbatas lepas landas dari pangkalan udara TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 06.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Presiden dan Ibu Iriana serta rombongan terbatas akan langsung melanjutkan perjalanan dengan berkendara mobil.

Dalam kunjungannya di Provinsi Jawa Tengah kali ini, mantan Wali Kota Solo itu akan menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan pangan.

Jokowi juga terjadwal akan meninjau dan meresmikan infrastruktur, menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, hingga menghadiri apel santri dan pelajar.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Kemudian, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin dan Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Erlin Suastini.

Prediksi Ganjar tepat

Sebelumnya calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menduga akan ada sosok yang mengikuti jejaknya mengunjungi Jawa Tengah setelah ia berkampanye di provinsi itu selama satu pekan terakhir.

“Kita lihat saja, apakah selama saya kunjungan di Jateng ini nanti akan ada yang ikut berkunjung di sini, kita lihat beberapa hari lagi,” kata Ganjar di Kendal, Rabu (17/1/2024).

Untuk diketahui, Ganjar berkampanye di Jawa Tengah sejak Senin (15/1/2024) hingga Rabu hari ini dengan mengunjungi Purbalingga, Banjarnegara, Pekalongan, dan Kendal.

Pada pekan lalu, Ganjar juga berkeliling ke Cilacap, Banyumas, Brebes, dan Tegal untuk berkampanye.

Menurut Ganjar, provinsi yang pernah ia pimpin selama dua periode itu memang seksi untuk menjadi tempat perebutan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Oleh karena itu, ia juga tidak heran apabila Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran hendak menggelar kampanye akbar di Jawa Tengah.

“Ya kalau mau ngambil semua punya hak, mau ngambil di mana saja. Jateng memang seksi untuk direbut suaranya,” kata Ganjar.

Meski Ganjar tak menyebut nama, ada sejumlah daerah yang didatangi Presiden Joko Widodo tak lama setelah Ganjar berkampanye di daerah tersebut.

Kunjungan-kunjungan kerja yang dilakukan Jokowi dituding “membuntuti” Ganjar, calon presiden yang sempat dia promosikan sebelum putranya, Gibran Rakabuming Raka, akhirnya berlabuh sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Sebelum masa kampanye, Ganjar sempat melawat ke Sorong, Papua Barat Daya, pada 20 November 2023 atau 4 hari sebelum Jokowi juga menginjakkan kaki di sana.

Ganjar juga sempat berkampanye pada 1-2 Desember 2023 ke Nusa Tenggara Timur, sebelum disusul Jokowi 3 hari berikutnya.

Capres usungan PDI-P, PPP, Hanura, dan Perindo itu juga menyambangi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 4-7 Desember 2023, sebelum Jokowi melakukan kunjungan sejenis pada 20-21 Desember 2023.

Terakhir, Jokowi juga berada di Jawa Tengah ketika Ganjar berkeliling di provinsi tersebut pada masa pergantian tahun lalu.

Ganjar mengaku tak ambil pusing dengan kebiasaan Jokowi yang kerap membuntutinya karena seorang presiden boleh berkunjung ke mana pun.

“Kalau beliau niatnya mengikuti saya, berarti sayang dong sama saya,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Jokowi pernah menepis anggapan dirinya mengekor Ganjar.

Jokowi bilang, agenda kunker presiden sudah dipersiapkan dalam hitungan bulan sebelumnya.

Ganjar Pranowo dijadwalkan berkegiatan di DKI Jakarta dan Lampung pada hari kedua masa kampanye terbuka, Senin (22/1/2024) hari ini.

Berdasarkan agenda yang dirilis Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ganjar akan memulai hari dengan sarapan bersama pimpinan gereja se-DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat di Graha Oikoumene, Jakarta.

Setelah itu, mantan Gubernur Jawa Tengah ini akan terbang menuju Lampung untuk berkampanye. Ganjar dijadwalkan tiba di Bandar Udara Radin Inten II pada pukul 09.35 WIB.

Kemudian, politikus PDI-P ini diagendakan menghadiri acara Istighosah Kemenangan Ganjar-Mahfud untuk Indonesia di Pondok Pesantren Roudlotussolihin, Lampung Selatan.

Selanjutnya, Ganjar akan menghadiri acara kampanye terbuka bertajuk “Hajatan Rakyat” di Lapangan Expo, Lampung Selatan.

Kegiatan kampanye Ganjar di Lampung ditutup dengan makan siang bersama tim pemenangan, relawan, dan calon anggota legislatif partai politik pengusung di Kantor DPC PDI-P Lampung Selatan.

Dari Lampung, Ganjar langsung melanjutkan perjalanan menuju provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan ramah tamah dengan warga Desa Mulo, Gunung Kidul.

Ganjar lalu akan makan malam dengan tim pemenangan, relawan, dan calon anggota legislatif partai pengusung sebelum menginap di rumah salah satu warga di sana.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal kampanye akbar metode rapat umum pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) beserta partai politik pengusungnya mulai 21 Januari hingga 7 Februari 2024.

Jadwal ini diteken Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari lewat Keputusan KPU Nomor 78 Tahun 2024, Rabu (17/1/2024) malam Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, beserta PDI-P, PPP, Perindo, dan Hanura sebagai partai pengusung akan mengawali kampanye akbar rapat umum di zona C, lalu B dan A.

Sesuai jadwal, pada 22 Januari 2024, Ganjar-Mahfud beserta parpol pendukung akan berkampanye di zona B, meliputi Sumatera Utara, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Peran Penting Komunikasi

Tim Kontributor

Program Studi Terpopuler

penulis

Tadinya Boleh Mudik Lebaran Kini Malah Dilarang, PO Bus: Seperti Parodi Saja

Tim Kontributor

Leave a Comment