Faktual.id
POLITIK Politik Dalam Negri

Peran Mahasiswa Dalam Sistem Politik Indonesia

Setelah reformasi tahun 1998 sistem politik dan pemerintahan indonesia saat ini. Sistem pemerintahan ini juga dapat menjamin adanya sistem politik yang demokratis, sama halnya seperti orang atau kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk ikut serta dalam proses politik, mengambil keputusan dalam merumuskan kebijakan publik, serta dalam memilih pejabat-pejabat publik.

Mahasiswa merupakan sebuah status yang di sandang oleh seseorang ketika ia menjalani pendidikan formal disebuah pendidikan tinggi. Seseorang dapat dikatakan sebagai seorang mahasiswa apabila ia tercatat sebagai mahasiswa secara administrasi sebuah perguruan tinggi yang tentunya mengikuti kegiatan belajar dan mengajar serta kegiatan lainnya. Status ini menjadi mutlak apabila kita berbicara dalam konteks pendidikan formal.

mahasiswa sangat mempengaruhi dan berperan penting dalam perkembangan ataupun kemajuan di dalam sistem politik indonesia saat ini. Karena menyandangnya status mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi mahasiswa itu sendiri. Dalam hal itu, ekspetasi dan tanggung jawab yang di emban oleh mahasiswa begitu besar dalam meramaikan serta mengimbangi aksi-aksi politik yang dijalankan mahasiswa.

Maraknya aksi-aksi politik yang dilakukan oleh mahasiswa menjadikan mahasiswa sebagai icon pada era reformasi ini. Perannya dalam menyuarakan aspirasi dan tuntutan masyarakat menjadikan mahasiswa selalu berada pada posisi terdepan dalam menentukan, mengantisipasi, dan menjawab setiap persoalan maupun perubahan sosial. Dalam hal ini, Mahasiswa juga menjadi objek yang menarik karenanya di sebabkan mahasiswa mempunyai ciri khas tersendiri yang membuat ia menjadi berbeda dengan masyarakat lain, dalam menyampaikan aspirasinya.

Kategori : Politik

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” – Muhamad Reza Andriansyah / MMD4

Related posts

AS Bersiap Gunakan Militer untuk Gulingkan Rezim Venezuela

penulis

Pejuang Demokrasi Bukan Penjahat

Tim Kontributor

Peran mahasiswa terhadap penolakan RUU CIPTAKER

Tim Kontributor

Leave a Comment