Faktual.id
POLITIK

Mengapa Mahasiswa Perlu Pendidikan Politik?

Faktual.id – Politik kampus  berguna sebagai sarana mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya. Melalui politik kampus mahasiswa belajar bagaimana memimpin masyarakat, tidak hanya sebatas di lingkungan kampus. Keberadaan politik kampus juga bermanfaat dalam kehidupan masyarakat.

Di negera demokrasi ini setiap warga Negara mempunyai hak dalam kebebasan berpendapat, tanpa terkecuali. Termasuk mahasiswa mereka juga bebas berpendapat dan menyuarakan aspirasi mereka melalui aksi demo, petisi, dan lain sebagainya.

Selain itu pendidikan politik yang bisa didperoleh para mahasiswa saat berada di kampus, memiliki peran signifikan dalam beberapa hal diantaranya membentuk prilaku pada individu mahasiswa, dan menjadi stimulus untuk membentuk suatu tatanan masyarakat yang diinginkan sesuai dengan tuntutan kehidupan politik.

Organisasi kampus seperti BEM juga sangat berperan penting dalam kehidupan politik. Menjalankan organisasi dan memimpin organisasi kampus dapat meningkatkan pengetahuan dalam berpolitik dalam kampus yang nantinya akan digunakan dalam berorganisasi di dunia kerja.

Pendidikan politik di kampus dapat melahirkan sosok  mahasiswa yang memiliki pandangan luas dan terbuka mengenai kehidupan politik serta mempunyai kepedulian sosial yang besar terhadap sesama. Sehingga mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kehidupan politik di tanah air saat ini.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” – Rika Nurseptiani W MMD6

Related posts

Razman Arif Mundur dari Kubu Moeldoko!

Tim Kontributor

Perang Harga Swab Antigen di Tengah Lonjakan COVID, Kemenkes Buka Suara

Tim Kontributor

Telemedicine dan Obat Gratis Diperluas ke Berbagai Provinsi Pekan Depan

Tim Kontributor

Leave a Comment