Faktual.id
KOMUNIKASI POLITIK

Peran Mahasiswa Dalam Kancah Politik

Mahasiswa masuk dalam kancah dunia politik merupakan sesuatu yang sangat baik jika memang dimaksudkan untuk berperan dalam pengawasan, pengabdian dan memberi dampak positif terhadap bangsa dan negara. Dilihat kembali dalam sejarah, dasar perubahan khususnya pada dunia politik hampir selalu dilakukan oleh mahasiswa. Mahasiswa terbukti mampu menjadi pelopor dalam sejarah bangsa. Contohnya peran mahasiswa dengan kemahirannya dalam menjalankan fungsi sebagai kelompok penggagas perubahan, mahasiswa telah berhasil melumpuhkan rezim orde baru dan membawa Indonesia kedalam suatu are yang saat ini sedang bergulir, yakni eras reformasi. Oleh karena itu pendidikan politik secara formal dan informal dinilai sangat penting bagi mahasiswa.

Masa depan negri ini membutuhkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai hal dengan pemikiran-pemikiran cerdasnya dan kegiatan-kegiatan intelektual yang dilakukan. Mahasiswa seharusnya perlu berperan aktif lebih banyak lagi dalam berbagai persoalan, terutama menyangkut pesoalan bangsa . fungsi control perlu ditunjukkan oleh mahasiswa. Karena peran mahasiswa sangat diharapkan oleh masyarakat, tak berlebihan jika banyak harapan yang dipikul oleh mahasiswa. Sebab dalam kerangka sosial mahasiswa mempunyai peran dan fungsi yang cukup penting. Mahasiswa disini diharapkan berperan sebagai agen pengawasan (agent of control) dana gen dalam menunju perubahan ke arah yang lebih baik.

 

 

 

 

 

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi massa dan Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” – Faiq Zulfikri NIM : 192181009.

Related posts

Dianggap Permalukan Presiden, Najwa Shihab Akan Dipolisikan

Tim Kontributor

Profil Silvany Austin Pasaribu, Diplomat Muda Indonesia telak Melawan Vanuatu di Sidang Umum PBB

Tim Kontributor

Menko Maritim: Ekonomi Kita Tidak Berkiblat Ke AS Ataupun China

penulis

Leave a Comment