Faktual.id
KOMUNIKASI

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah jurusan yang terkenal bagus dan sangat baik diindonesia maupun diluar negeri. Hal ini dikarenakan bidang komunikasi memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga sangat diperlukan dan berguna. Nah buat kamu tertarik untuk melanjutkan study di jurusan ilmu komunikasi, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kamu ketahui.

 

Apa sih komunikasi itu?

Komunikasi adalah proses menyampaikan pesan dan berbagi makna. Komunikasi memiliki banyak tingkatan, mulai dari komunikasi individu, antar individu, komunitas hingga antar komunitas. Ada beberapa bidang juga yang memiliki hubungan erat dengan komunikasi seperti media, seni, politik dan lain-lain.

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mahasiswanya akan mempelajari proses-proses komunikasi yang lebih efektif dalam memaknai pesan dan dalam menyampaikan suatu pesan sehingga dengan tepat mencapai sasaran. Hal ini membuat kuliah jurusan ini akan banyak kegiatan praktiknya.

Hal apa saja yang akan kamu pelajari

Pada awal ketika kamu masuk didalam jurusan ilmu komunikasi kamu akan mempelajari tentang nilai-nilai dasar pengenalan. Seperti, pengantar ilmu komunikasi, psikologi komunikasi, sosiologi komunikasi. semua ini akan menjadi dasar pemahaman kamu untuk selanjutnya masuk kedalam tahapan yang lebih tinggi lagi.

Selanjutnya, kamu akan mempelajari pembahasan yang lebih dalam pada tahun ke 2. Disini kamu biasanya sudah dapat memilih fokus studi terhadap bidang-bidang turunan dari komunikasi. Seperti, Broadcasting (Penyiaran), Jurnalistik, Media (Periklanan), Public Relations (Hubungan Masyarakat) dan lain-lain. Fokus tadi adalah studi yang bisa kamu ambil sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

 

Karakter dan Skill yang sesuai.

Jurusan ilmu komunikasi sangat berkaitan dengan proses interaksi serta penyampaian pesan, maka dari itu hal yang berkaitan dengan komunikasi harus bisa kamu kuasai. Mahasiswa yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan karakter ramah cocok untuk jurusan ini. Selanjutnya, wawasan yang luas dan keterampilan interpersonal sangat dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa ilmu komunikasi.

Lalu selain itu, sebagai mahasiswa ilmu komunikasi kamu akan berhubungan dengan banyak pihak dan terlibat banyak hal. Oleh karena itu, kamu harus memiliki keterampilan khusus seperti public speaking juga merupakan point penting yang sangat berguna. Selanjutnya, keterampilan berbahasan inggris dan mampu menggunakannya dengan baik akan memberikan point lebih juga dalam belajar ilmu komunikasi.

 

Berbagai Tugas dan Project yang Akan Kamu Garap

Buat kamu yang senang ketemu dengan orang banyak dan cenderung sangat aktif, kuliah jurusan ilmu komunikasi akan sangat menyenangkan buat kamu. Sbab, bidang ini berorientasi pada praktik sehingga semua mata kuliah dan tugas tugas yang kamu hadapi akan bersifat praktik dari pada teori. Kamu akan terlibat dalam berbagai macam produksi. Seperti, Penyiaran (Tim Kreatif), Kru atau Presenter, Jurnalistik (Wartawan) peliput atau penulis berita dan sebagainya.

Dengan berbagai project dan inilah kemampuanmu dalam bidang komunikasi akan terus diasah dan terus dikembangkan. Pemahaman mu akan teori akan dibuktikan dengan praktik-praktik dilapangan dan mengalami langsung prosesnya. Menarik sekali, bukan?

Prospek Kerja

Ilmu komunikasi adalah jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas dan sangat dibutuhkan, apalagi dengan semakin berkembang pesat nya media informasi baik didalam negeri maupun diluar negeri. Bisa dikatakan bahwa media adalah peluang terbesar untuk mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, baik itu cetak maupun media online dan juga penyiaran.

Baik perusahaan swasta atau pun perusahaan pemerintah pasti membutuhkan lulusan ilmu komunikasi. selain itu, kamu juga dapat kesempatan bekerja didalam berbagai bidang bisnis untuk mengisi bidang humas (hubungan masyarakat), karna memang selalu dibutuhkan. Jika kamu mahir dalam bahasa inggris, maka kesempatan mu untuk bekerja diperusaahan multinasional sangat terbuka lebar.

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi Massa Dan
Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” – Henry Surya Winata KMMB1

Related posts

Keunggulan Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di STISIP WIDURI

penulis

3 hal tentang jurusan ilmu komunikasi

penulis

PERPANJANGAN PSBB MENUNDA PEMBELAJARAN TATAP MUKA, KASUS POSITIF DI DKI JAKARTA TERUS MENINGKAT KAMPUS WIDURI TETAP GUNAKAN KOMUNIKASI JARAK JAUH SECARA VIRTUAL

Tim Kontributor

Leave a Comment