Faktual.id
Bisnis

Mual Muntah Dan Diare, Waspadai Gejala Virus Corona

Selain gejalabatuk dan demam, pasien COVID-19 juga kerap mengalami masalah gastroenteritis yaitu mual, muntah, hingga diare. Kondisi ini bahkan cukup umum dialami beberapa pasien Corona.

Meski begitu, tampak sulit membedakan mana yang disebabkan karena COVID-19 dengan yang tidak. Hal ini dikarenakan mual, muntah, dan diare juga bisa ditemukan di beberapa penyakit lain.

Dikutip dari Health, gastroenteritis terjadi ketika lapisan usus seseorang meradang. Pemicunya bisa dikarenakan paparan virus atau adanya parasit hingga bakteri, menurut MedlinePlus.

Beberapa pasien yang mengalami gejala gastroenteritis termasuk pasien COVID-19 juga mengeluhkan demam hingga sakit kepala. Berikut detail gejala yang muncul karena kondisi ini.

1.Diare

2.Muntah

3.Sakit perut

4.Demam

5.Sakit kepala

6.Panas dingin.

Seberapa bahaya gejala gastroenteritis pada pasien COVID-19?

Sebuah penelitian menunjukkan gejala gastroenteritis pada pasien COVID-19 termasuk tanda infeksi awal. Selain diare, beberapa pasien COVID-19 mengalami mual diikuti batuk dan demam pada hari pertama hingga hari kedua usai terpapar Corona.

Beberapa pasien Corona bahkan di Indonesia banyak mengeluhkan kondisi ini. Dikutip dari covid19.go.id, ada 14,4 persen pasien mengalami mual, 6,4 persen sakit perut dan 5,9 persen mengalami diare.

Penulis: Yuliana Prasiska, Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

Pengurus Wilayah-Cabang NU Sumsel Dukung Gus Yahya Jadi Ketum PBNU

Tim Kontributor

perginya manusia Al Qur’an kepada Sang Ilahi

Tim Kontributor

Kampus Hijau STISIP Widuri

Tim Kontributor

Leave a Comment