Faktual.id
KOMUNIKASI

MENGENAL APA ITU BLACK BOX KOMPONEN DI DALAM PESAWAT

Kejadian jatuhnya pesawat sriwijaya air SJ 182 pada sabtu 9 januari 2021 di perairan kepulauan seribu menyisakan duka yang amat mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Diketahui pesawat sriwijaya air SJ 182 jurusan Jakarta Pontianak hilang kontak setelah 4 menit take off dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten tepatnya yakni pukul 14.36 dan hilang kontak pada pukul 14.40 WIB.

 

Saat ini tim tim SAR sedang melakukan pencarian terhadap korban maupun puing-puing pesawat sriwijaya air SJ 182. Di dalam komponen pesawat itu sendiri ada istilah black box. Black box atau kotak hitam adalah mesin perekam data elektronik. Walapun bernama black box tetapi sebenarnya berwarna oranye. Black box biasanya menggunakan CVR (Cocpit Voice Recorder) atau FDR (Flight Data Recorder) atau kombinasi keduanya.

 

Black box ini merekam pecarakan pilot dan co-pilot. Jika terjadi masalah pada pesawat, seperti kecelakaan, data kotak hitam atau black box pesawat dapat dapat membantu merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi. Hingga saat ini, tim SAR sudah menemukan black box dari pesawat sriwijaya air SJ 182.

 

Penulis : Nanda Fahira Ashary Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

Gerakan Mahasiswa, Dari “ruang jalanan” Menuju “ruang kekuasaan”

penulis

Peran mahasiswa terhadap penolakan RUU CIPTAKER

Tim Kontributor

KEBERHASILAN HASIL JERIH PAYAH TERSENDIRI

Tim Kontributor

Leave a Comment