Faktual.id
RAGAM INFO

Masyarakat Pilih Mudik Naik Motor

Sepeda motor masih menjadi moda transportasi favorit bagi masyarakat yang melakukan mudik. Jutaan orang diprediksi masih mengandalkan sepeda motor untuk pulang kampung di momen Lebaran tahun ini.
Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, mengatakan potensi pergerakan nasional pada Lebaran 2022 diprediksi mencapai 79,4 juta. Sebanyak 38,35% atau 13 juta di antaranya merupakan pemudik dari Jabodetabek.

“Hasil survei kedua yang dilakukan Balitbang Perhubungan (2022), menghasilkan setelah dihapusnya test swab antigen/PCR, potensi penggunaan moda agak bergeser walaupun penggunaan angkutan pribadi tetap terbanyak, pemilihan penggunaan pesawat menjadi lebih banyak dibandingkan menggunakan kereta api dibandingkan hasil pada survei 1,” ujar Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (7/4/2022).

Menurut Djoko, berdasarkan data Balitbang Perhubungan potensi penggunaan mobil pribadi untuk mudik tahun ini sebanyak 26,8% atau 21,3 juta orang. Pengguna sepeda motor pun diperkirakan masih banyak.

“Potensi penggunaan moda mobil pribadi 26,8% atau 21,3 juta orang, sepeda motor 18,7% atau 14,9 juta orang, bus 16,3% atau 12,9 juta orang, pesawat terbang 12,1% atau 9,6 juta orang, kereta api 9% atau 7,2 juta orang, kapal laut 1,4% atau 1,1 juta orang, dan kapal penyeberangan 1,2% atau 900 ribu orang. Total pengguna transportasi jalan 75,3% atau sebanyak 59,8 juta orang akan menggunakan transportasi jalan,” kata Djoko.

Dia menilai, pemudik yang menggunakan sepeda motor sebaiknya disediakan fasilitas mudik gratis. Demi keamanan, sepeda motornya bisa diangkut dengan truk, sementara pemudiknya naik bus. Dia bilang, mudik menggunakan sepeda motor aman hanya untuk jarak pendek dan mengikuti aturan.

“Maksimal untuk dua orang, barang yang dibawa tidak boleh melebihi lebar setang kemudi dan tinggi tidak boleh lebih 90 cm dari sadel, dilarang bawa barang dengan tambahan di belakang. Sepeda motor bukan moda transportasi untuk perjalanan jarak jauh. Melarang anak-anak dibawa menggunakan sepeda motor,” ucap Djoko.

Mudik gratis menjadi solusi merebaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor. Memang, menurut Djoko, biasanya mudik gratis membutuhkan persiapan selama tiga bulan. Mudik gratis tidak hanya menggunakan bus, namun ada kereta dan kapal laut.

“Masih sangat memungkinkan dilakukan mudik gratis dengan menggunakan dana pertanggungan sosial masyarakat atau cost social responsibility/CSR dari BUMN,” katanya.

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Di Tegur Satpol PP Karena Memakai Masker Scuba

Tim Kontributor

Inovasi Bisnis Agar Semakin Berkembang

Tim Kontributor

Sayang Bensin atau Sayang Nyawa

Tim Kontributor

Leave a Comment