Faktual.id
RAGAM INFO

AS Ingatkan China Bisa Kena Sanksi

Negara-negara Barat telah menjatuhkan sanksi-sanksi kepada Rusia atas perangnya di Ukraina. Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Wendy Sherman mengatakan, sanksi-sanksi tersebut seharusnya memberi China “pemahaman yang baik” tentang konsekuensi yang dapat dihadapinya jika memberikan dukungan material kepada Moskow.
Dilansir dari kantor berita Reuters, Kamis (7/4/2022), Sherman mengatakan “berbagai sanksi” dan kontrol ekspor yang terkoordinasi di antara sekutu dan mitra AS terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, perekonomian negara itu, dan oligarki, harus menjadi contoh bagi pemimpin China, Xi Jinping.

“Ini saya pikir, memberi Presiden Xi pemahaman yang cukup baik tentang apa yang mungkin terjadi jika dia, pada kenyataannya, mendukung Putin dalam bentuk materi apa pun,” kata Sherman pada sidang Komite Urusan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Dia mengatakan Beijing harus “mengambil pelajaran yang benar” dari tanggapan Barat yang terkoordinasi atas Ukraina, bahwa setiap langkah oleh China untuk merebut pulau Taiwan dengan paksa, tidak akan dapat diterima.

“Kami berharap China memahami bahwa tindakan semacam itu akan mendapat tanggapan dari masyarakat internasional, bukan hanya dari Amerika Serikat,” katanya.

China telah menolak untuk mengutuk perang Rusia di Ukraina atau menyebutnya sebagai invasi. China juga telah mengkritik sanksi-sanksi Barat terhadap Moskow.

Beijing dan Moskow telah mengembangkan hubungan yang semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pengumuman kemitraan “tanpa batas” pada Februari lalu.

Sebelumnya pada Maret lalu, Presiden AS Joe Biden memperingatkan Xi dalam panggilan video tentang “konsekuensi” untuk setiap dukungan material untuk membantu Rusia melawan sanksi-sanksi Barat atau untuk memberikan bantuan militer.

Biden kemudian mengatakan bahwa China tahu masa depan ekonominya terkait dengan Barat, bukan Rusia.

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah, Niat, dan Bacaannya

Tim Kontributor

Biden: Putin Pertimbangkan Pakai Senjata Kimia-Biologi

Tim Kontributor

Tenaga Honorer Dihapus 2023

Tim Kontributor

Leave a Comment