Faktual.id
RAGAM INFO

Masa Jabatan Berakhir 16 Oktober 2022

Nasib Anies Baswedan selepas jadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 masih menjadi misteri. Waktu Anies menjabat Gubernur DKI tersisa setahun lagi. Masa jabatan Anies Baswedan berakhir pada 16 Oktober 2022.
Anies Baswedan dilantik pada 16 Oktober 2017. Seperti para pendahulunya, masa jabatan Anies Baswedan seharusnya berakhir tepat 5 tahun setelah pelantikan, yakni 16 Oktober 2022.

Sebagai informasi, tak akan ada pilkada pada 2022, termasuk untuk daerah DKI Jakarta. Anies Baswedan dan sejumlah kepala daerah terpilih tahun 2017-2018 tidak akan bisa langsung bertarung memperpanjang jabatannya karena mereka akan digantikan penjabat sampai digelarnya pilkada serentak pada 2024.

“Untuk mengisi jabatan kepala daerah yang habis masa jabatannya hingga 2022 dan 2023, hingga Pilkada Serentak 2024, diangkat penjabat kepala daerah. Bukan Plt, tapi Pj,” ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi saat dihubungi detikcom, Kamis (25/7/2019).

Nama Anies Baswedan kerap dihubung-hubungkan dengan Pilpres 2024. Anies belum pernah menjawab lugas apakah dirinya lanjut berebut suara menjadi DKI-1 pada 2024 atau mengikuti pilpres pada tahun yang sama.

Sejumlah lembaga survei menempatkan Anies dalam tiga besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi menjelang Pilpres 2024. Anies bersaing dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di survei-survei tersebut.

Anies Baswedan tentu harus memantapkan hatinya menjelang pemilihan rakyat tahunan ini, apalagi Pilpres dan Pilkada rencananya digelar pada tahun yang sama–2024–jika tak ada perubahan drastis di Senayan. Untuk diketahui, DPR, pemerintah, dan KPU selaku penyelenggara pemilu belum satu suara dalam hal jadwal Pemilu 2024. Dinamika yang terbaru adalah KPU mengusulkan pilkada digelar 2025 jika jadwal Pemilu jadinya Mei 2024 sesuai usulan pemerintah. Sampai saat ini belum ada keputusan final dari ketiga pihak tersebut.

Jawaban teranyar Anies soal langkah ke depan setelah menjabat Gubernur DKI Jakarta masih abu-abu. Anies menegaskan fokus menyelesaikan tanggung jawabnya saat ini.

“Sekarang kita tuntaskan semua tanggung jawab semua,” kata Anies setelah memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021).

“Ini masih menghadapi musim hujan, apelnya untuk menghadapi musim hujan, kita kerjakan itu dulu,” katanya.

Namun Anies sempat berbicara soal berkeliling Indonesia selepas jadi Gubernur DKI. Belum jelas pasti apa yang hendak dilakukan Anies dengan berkeliling Indonesia ini.

“Jadi yang ada di benak saya adalah ini dituntaskan, bisa lapor pada umat, lapor pada masyarakat, amanat, nih namanya sama nih, amanah sudah dijalankan dengan baik. Tuntas. Nah, sesudah itu saya jadi orang bebas. Sambil orang bebas saya menikmati keliling ke mana-mana. Jadi nanti saya ingin, kalau boleh… kemarin kan tahanan kota lima tahun, jadi habis itu kalau sudah, saya keliling saja ke mana-mana, di Indonesia, itu kira-kira,” ujar Anies dalam di workshop nasional DPP PAN di Bali, Senin (4/10).

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

MUI Kutuk Keras Pelaku Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar

Tim Kontributor

Jaksa KPK Dilaporkan karena Taruh Bendera ‘HTI’ di Meja Kerja

Tim Kontributor

Pencari Suaka Asal Afghanistan Demo DPR

Tim Kontributor

Leave a Comment