Faktual.id
EKONOMI

Mahasiswa STISIP Widuri Beralih Berjualan Online Demi Memenuhi Perekonomian Keluarga di Masa Pandemi

Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-a) adalah virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernafasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Hal tersebut membuat Indonesia, membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Virus ini juga berdampak bagi keberlangsungan hidup masyarakat indonesia baik dari sektor perekonomian, pendidikan, dan sosial. Salah satu dampak negatifnya adalah perekonomian mahasiswa Stisip Widuri. Peran ekonomi sangat besar karena dengan bekerja, mereka mampu untuk memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, pandemi ini mengakibatkan banyaknya mahasiswa yang bekerja dari rumah atau bahkan sebagian besar kehilangan pekerjaannya sebagai bentuk pengurangan karyawan.

Untuk mengatasi masalah tersebut mahasiswi widuri beralih berjualan online adalah solusi yang tepat untuk dijadikan profesi mahasiswa. Berjualan online sangat mudah dipraktikan oleh semua kalangan, tak terkecuali para mahasiswa widuri. Biasanya mahasiswa widuri berjualan online dari mulai berjualan masker kain unik, pakaian, dan makanan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mampu berinovasi dan mengembangkan ide-ide yang dimilikinya dan juga untuk melatih pengalaman diri dalam memperoleh penghasilan untuk bisa membayar kuliah sendiri tanpa merepotkan orang tua, selai itu mahasiswa dapat mencukupi perekonomian keluarga.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas komunikasi massa dan media baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Fatima Aprilia Wijaya/MMD1

Related posts

Perkembangan Ekonomi yang Menyangkut Widuri

Tim Kontributor

PSBB Bisa Dilonggarkan Jika

Kontributor

Pemberdayaan Usaha Online untuk Mahasiswa

penulis

Leave a Comment