Faktual.id
EKONOMI

Bentuk untuk menghidupkan perekonomian di sekitar kampus

Kebutuhan mahasiswa yang tengah menempuh studi di sebuah kampus tertentu. tentulah banyak Kebutuhan akan tempat tinggal,makan, cuci baju, untuk membeli beberapa barang sehari-hari, untuk print  dokumen, photocopi dan masih banyak kebutuhan-kebutuhan yang lain. kampus disadari atau tidak telah memberikan penghidupan yang baik bagi masyarakat yang tinggal tidak jauh dari lokasi kampus berada. Karena di kampus dan area sekitarnya banyak sekali mahasiswa yang berlalu lalang menjalankan aktivitasnya, yang artinya bahwa peluang menawarkan barang atau jasa tertentu akan lebih besar potensi untuk diminati.

Menurut saya sebagai mahasiswa, ekonomi masyarakat sekitar kampus menjadi hidup dengan keberadaan potensi pasar yang cukup besar, yaitu para mahasiswa.Selera, kebutuhan, dan keinginan mahasiswa yang jumlahnya cukup banyak. tentu adalah amat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sehingga tidak mengherankan kalau begitu banyak usaha berjenis sama yang bermunculan di daerah sekitar kampus. Ambil contoh photocopi. Meskipun banyak usaha sejenis yang muncul di sekitar lingkungan kampus, jarang sekali kita jumpai diantaranya yang sepi pengunjung.

Ada Beberapa warung kopi di sekitar kampus widuri. Ada yang lama dan ada yang belum lama, tetapi warkop yang lama masih eksis. Saya belum menjumpai bahwa keberadaan warkop lama akan ditinggal para pengunjungnya dan beralih ke warkop yang baru atau belum lama. Begitupun dengan warkop yang mungkin masih di bilang baru, tidak serta merta sepi pengunjung karena baru dikenal. Kondisi serupa mungkin tidak akan jauh berbeda apabila dibandingkan dengan jenis-jenis usaha lain yang beroperasi di sekitar lingkungan kampus, namun dengan satu catatan bahwa harga yang ditawarkan relatif terjangkau oleh mahasiswa.

Keberadaan kampus, mahasiswa, dan penawaran barang atau jasa tertentu bisa dikatakan sebagai suatu hubungan yang saling menguntungkan. Para mahasiswa dimudahkan pemenuhan kebutuhannya dengan terjangkaunya akses untuk memenuhi segala sesuatu yang mereka butuhkan. demikian juga dengan penduduk sekitar kampus karena mereka memiliki sumber penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Inilah ekonomi kampus yang saya maksud. Dimana roda perekonomian masyarakat berputar dengan baik selama kampus tersebut terus eksis dan mengundang datangnya mahasiswa dari segala penjuru.

Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” – mustakim karim/MMD3

Related posts

Jadi Mahasiswa Sambil Bangun Usaha di Modalin Pemerintah?

Tim Kontributor

Kasus Covid-19 Meroket, Pemkot Kota Bekasi Batasi Jam Operasional Hiburan Malam

Tim Kontributor

STISIP Widuri Terbuka Terhadap Masalah Finansial Mahasiswa di Kala Pandemi

penulis

Leave a Comment