Faktual.id
EKONOMI KOMUNIKASI

Jokowi Sebut RI Tak Impor Beras 3 Tahun, Buwas Ungkap Fakta Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sudah hampir 3 tahun Indonesia tak impor beras. Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), faktanya RI dari tahun 2000-2019 tak pernah absen impor beras.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas pun membeberkan fakta lain. Kata Mantan Kabareskrim itu, Bulog memang tidak pernah impor beras hampir 3 tahun.

“Seperti halnya yang perlu saya sampaikan bahwa apa yang disampaikan Pak Presiden kita bahwa kemarin beliau menyampaikan bawa selama 3 tahun ini kita tidak pernah impor ya, memang Bulog selama 3 tahun ini tidak pernah impor,” kata Buwas dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3/2021).

“Kalau toh ada dari data BPS ada beras masuk itu adalah beras khusus. Beras khusus ini karena kebutuhan khusus di antaranya beras japonica, itu hanya untuk kepentingan-kepentingan khusus, untuk kebutuhan-kebutuhan hotel restoran yang bersifat khusus,” jelasnya.Jadi, apakah data BPS salah? Buwas mengatakan impor beras yang dicatat oleh BPS adalah beras khusus.

Beras khusus tersebut, dijelaskan Buwas diimpor oleh swasta bukan oleh Bulog. Jadi, tidak ada beras umum yang diimpor dalam 3 tahun terakhir.

“Jadi tidak ada beras impor umum ya dari negara-negara lain untuk diimpor masuk ke Indonesia. Jadi ini yang perlu saya sampaikan sehingga sampai hari ini memang Bulog belum melaksanakan impor ya ini untuk kegiatan ini,” tambahnya.

sumber

Related posts

Penggunaan Lampu LED Di DKI Jakarta Jauh Lebih Memberikan Banyak Manfaat Pada Penghematan Energi Dan Anggaran

Tim Kontributor

Ruang Kenikmatan yang Hilang

Tim Kontributor

Efek COVID-19 Perekonomian Negara semakin sulit namun system pembayaran Kampus Widuri lebih efektif.

Tim Kontributor

Leave a Comment