Faktual.id
RAGAM INFO

Jokowi Butuh Juru Bicara?

Pengangkatan Fadjroel Rachman menjadi Dubes Kazakhstan meninggalkan kekosongan posisi juru bicara (jubir) Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantas Jokowi bakal menunjuk jubir baru atau tidak?
Fadjroel resmi dilantik Jokowi menjadi Dubes Dubes Kazakhstan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (25/10/2021). Fadjroel digeser ke Kazakhstan setelah 2 tahun menjabat sebagai jubir Jokowi.

Hingga saat ini, Jokowi juga belum memberikan arahan apa pun tentang jubir presiden pengganti Fadjroel. Di samping itu, Istana sudah mempunyai 3 pejabat penting yang kerap menyampaikan pernyataan kepada publik.

“Sampai saat ini belum ada arahan Presiden. Selain itu di istana sudah ada Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, dan KSP,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin kepada wartawan, Senin (25/10).

Pernyataan Bey tersebut senada dengan apa yang disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko beberapa waktu lalu. Moeldoko mengatakan ada 3 pejabat yang bisa mengatasnamakan Istana, antara lain dirinya sendiri, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Ketiganya memang merupakan pejabat tinggi yang langsung dilantik oleh Jokowi.

“Kita sepakati dulu bahwa kalau mengatasnamakan Istana itu representasinya kalau di staf presiden, satu Mensesneg, kedua Menseskab, lalu KSP. Jadi kalau tenaga ahli KSP berbicara atas nama Kantor KSP, bukan atas nama Istana,” ujar Moeldoko di gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (12/11).

Moeldoko tidak menyebut apakah staf khusus presiden ataupun jubir presiden juga dapat mewakili Istana. Jabatan tersebut juga secara struktural tidak berada dalam wewenang Moeldoko.

“Sebenarnya staf khusus ada di bawah koordinatornya, saya nggak etis mengomentari itu. Saran saya supaya ditanyakan ke Pak Ari Dwipayana,” ujar Moeldoko.

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Gaskeun! Daftar Lokasi Vaksin COVID-19 yang Layani Anak 12-17 Tahun

Tim Kontributor

Cristiano Ronaldo Balik Lagi Ke Manchester United

Tim Kontributor

Upacara Ngaben Bali

penulis

Leave a Comment