Faktual.id
Bisnis RAGAM INFO

Inovasi Bisnis Agar Semakin Berkembang

Menjalani bisnis tentu bukan hal yang gampang. Sebab, diperlukan inovasi dan strategi agar bisnis bisa terus berkembang dan maju.

Apalagi saat ini banyak orang yang terjun ke dunia bisnis yang bikin persaingan bisnis semakin ketat. Jangan sampai karena kamu nggak bisa berinovasi, bisnis kamu justru malah gulung tikar. Nah buat para pebisnis, yuk simak 4 tips dari biar bisnis bisa makin cuan dan berkembang.

  1. Lakukan Riset Produk & Tren

Dalam berbisnis, melakukan riset terkait produk dan tren menjadi hal penting. Sebab, tren bisnis akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Misalnya, Anda memiliki bisnis di bidang fesyen, dan homewear outfit menjadi produk yang terlaris di pasaran saat ini. Dari tren ini, Anda bisa lakukan riset outfit tersebut, mulai dari model, tone warna, hingga pattern yang sedang hits.

  1. Sharing dengan Tim dan Pebisnis Lain

Berdiskusi dengan tim akan membuat Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan dari bisnis yang sedang dijalani. Bahkan, Anda juga dapat meminta saran terkait cara mengembangkan bisnis. Selain itu, cobalah untuk memperluas networking bersama pebisnis lain. Pasalnya, hal tersebut bisa menambah wawasan baru tentang di dunia bisnis yang belum terpikirkan sebelumnya.

  1. Adaptasi Teknologi

Di zaman serba digital, adaptasi terhadap teknologi menjadi hal penting yang harus diterapkan. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan teknologi, khususnya media sosial. Misalnya, Anda bisa manfaatkan fitur product tags dalam Instagram for Business. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ads di Facebook atau Twitter. Tawarkan juga produk Anda di platform e-commerce seperti Shopee untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Konsumsi internet yang semakin meningkat di tengah pandemi, menjadikan e-commerce jadi salah satu solusi masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan data App Annie selama paruh pertama 2021 platform belanja online Shopee menempati peringkat satu dalam total unduhan dan jumlah pengguna aktif bulanan di Google Play dan Apple store.

  1. Tingkatkan Pelayanan dan Kualitas

Pelayanan jadi salah satu kunci utama pertahanan bisnis. Pasalnya, pelayanan yang baik tentu akan membuat pelanggan puas, bahkan bisa menggaet para pelanggan baru. Jadikan kritik dan saran pelanggan sebagai pembelajaran untuk mengembangkan bisnis. Jika pelanggan senang dan memuji produk atau jasa yang ditawarkan, ini tentunya akan jadi nilai plus bagi bisnis Anda.

Sumber

Related posts

Penyuntikan Sudah Dimulai, Ini Deretan Efek Samping Vaksin COVID-19

Tim Kontributor

Impian Mahasiswi Semester 5

penulis

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan Pada 12 April

Tim Kontributor

Leave a Comment