Faktual.id
RAGAM INFO

Mentan Syahrul Yasin Limpo Penuhi Panggilan KPK Hari Ini.

Menteri Pertanian( Mentan) Syahrul Yasin Limpo( SYL) penuhi panggilan pemeriksaan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi( KPK). Syahrul Yasin Limpo bakal dimintai keterangan seputar perkara dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Syahrul Yasin Limpo diperiksa di Gedung ACLC KPK Kavling C1. Gedung ACLC Kavling C1 ialah gedung lama KPK.

“( SYL muncul) di C1,” ucap Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin( 19/ 6/ 2023).

Diketahui, KPK menjadwalkan meminta penjelasan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Jumat( 15/ 6/ 2023). Mentan Syahrul Yasin Limpo bakal diklarifikasi soal dugaan korupsi Kementan. Tetapi Syahrul Yasin Limpo tidak penuhi panggilan penyidik KPK.

Syahrul Yasin Limpo memanglah dijadwalkan diperiksa pada hari ini, Senin( 19/ 6/ 2023).

” Tim penyelidik segera kembali bakal mengirimkan undangan permintaan keterangan diartikan buat dijadwalkan nanti pada hari Senin, tanggal 19 Juni 2023,” ucap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, dikonfirmasi di Jakarta, Jumat( 16/ 6/ 2023).

Ali Fikri berkata, KPK berharap serta meyakini Syahrul Yasin bisa penuhi undangan dari tim penyelidik KPK pada Senin 19 Juni 2023.

” Karena pasti permintaan keterangan ini diperlukan, sehingga lekas kami bisa mengadakan analisis serta memastikan sikap dari segala hasil proses penyelidikan yang lagi KPK jalani ini,” ucap Ali Fikri.

Ali berkata pesan undangan klarifikasi telah di informasikan kepada Syahrul Yasin Limpo. Ali berharap Syahrul Yasin Limpo kooperatif terhadap proses hukum terkait dugaan korupsi di Kementan.

” Data yang kami peroleh, pesan telah dikirimkan ke yang bersangkutan. Kami berharap yang bersangkutan dapat muncul penuhi undangan dimaksud,” kata Ali.

KPK Selidiki Kasus Dugaan Korupsi di Kementan

Lebih dahulu, KPK membetulkan pihaknya tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Perihal tersebut dibeberkan Plt Deputi Penindakan serta Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu.

” Dikala ini masih proses lidik( penyelidikan),” ucap Asep Guntur dalam keterangannya, Rabu( 14/ 6/ 2023).

Bersumber pada informasi yang tersebar, penyelidikan yang diawali pada awal 2023 ini menyeret pejabat tinggi di Kementan. Dugaan kasus ini berkaitan dengan penyalahgunaan pertanggungjawaban dana di Kementan. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan terdapatnya penyelidikan kasus ini. Ali menyebut tim lembaga antirasuah telah mengklarifikasi sebagian pihak.

” Sejauh ini yang kami tahu benar tahap proses permintaan keterangan kepada beberapa pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI,” kata Ali, Rabu( 14/ 6/ 2023).

Ali menyebut kasus ini dimulai dengan laporan dari warga yang diterima KPK yang setelah itu ditindaklanjuti pada proses penegakan hukum.

” Sebab masih pada proses penyelidikan pasti tidak dapat kami sampaikan lebih lanjut. Lekas kami sampaikan perkembangannya,” kata Ali.

Beredar kabar hari ini KPK bakal menetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo selaku tersangka. Berita itu dibeberkan akun Instagram@pedeoproject.

Dalam unggahannya,@pedeoproject menyebut Syahrul Yasin Limpo bakal ditetapkan KPK selaku tersangka dugaan penyalahgunaan SPJ, gratifikasi, serta suap.

Tidak hanya Mentan Syahrul Yasin Limpo, akun Instagram itu pula menyebut KPK menetapkan 2 pejabat Kementan yang lain selaku tersangka.

” Dalam informasi terbatas itu disebutkan kalau SYL( Syahrul Yasin Limpo) sebagai Menteri Pertanian 2019- 2024 bersama- sama dengan KSD( Sekjen Kementerian Pertanian 2021 s/ d saat ini) serta HTA( Direktur Pupuk Pestisida 2020- 2022/ Direktur Perlengkapan Mesin Pertanian tahun 2023) sudah melaksanakan perbuatan tindak pidana korupsi( TPK),” tulis akun Instagaram@pedeoproject.

Disarikan Oleh JMKP

Sumber

Related posts

Alex Noerdin Jadi Tersangka Langsung Ditahan

Tim Kontributor

18 Tahun Melarikan Diri, Buron Kasus Korupsi Rp 1,2 M Akhirnya Ditangkap

Tim Kontributor

Rekomendasi Buah-buahan Kaya Vitamin untuk Pasien COVID-19 Agar Lekas Pulih

Tim Kontributor

Leave a Comment