Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Ini Dia Cara Buat KIP 2024, Bisa Kuliah Gratis

Masa pengajuan KIP Kuliah 2024 atau Kartu Kuliah Indonesia Pintar biasanya bertepatan dengan masa masuk perguruan tinggi negeri dan swasta.

Sebelum mengajukan KIP Kuliah 2024, calon mahasiswa terlebih dahulu harus membuat akun KIP Kuliah 2024. Biasanya, masa pendaftaran pembuatan KIP Kuliah 2024 dibuka hampir sepanjang tahun.

Setelah membuat akun KIP Kuliah 2024 atau melakukan registrasi akun KIP Kuliah, Calon Mahasiswa baru dapat mengajukan KIP Kuliah tergantung universitas pilihannya.

Cara buat buat akun KIP Kuliah 2024

Calon mahasiswa kurang mampu yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2024, bisa memilih jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) maupun jalur mandiri perguruan tinggi negeri atau swasta.

Calon mahasiswa yang belum tahu cara buat akun KIP Kuliah 2024, berikut informasinya untuk kamu:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2.  Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5.  Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.
  6.  Selanjutnya, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Syarat daftar KIP Kuliah 2023

Setelah tahu cara buat akun KIP Kuliah 2024, berikut ini persyaratan mendaftar KIP Kuliah yang harus kamu penuhi:

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. 4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Demikian informasi mengenai cara buat akun KIP Kuliah 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Pastikan semua syarat dan tahapan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024 sudah terpenuhi agar kamu bisa kuliah gratis sampai lulus menggunakan fasilitas dari KIP Kuliah tersebut.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Tingkat Kesopanan Orang Indonesia di Internet Paling Buruk Se-Asia Tenggara

Tim Kontributor

PENDAPAT WARGA TENTANG PEMBUKAAN MALL

Tim Kontributor

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Melakukan Video call Dengan Pebulu Tangkis Ganda Putri Peraih Medali Emas

Tim Kontributor

Leave a Comment