Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Info Terbaru: PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini, Berlanjut Atau Tidak?

Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 berakhir hari ini. Sejauh ini, setidaknya hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian apakah PPKM kembali diperpanjang atau tidak.

Namun, perkembangan data terakhir Covid-19 dan rapat evaluasi yang digelar pemerintah pada akhir pekan lalu mungkin saja bisa menjadi gambaran mengenai kepastian kebijakan PPKM.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sempat menggelar rapat terbatas bersama para menteri untuk membahas evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM Level 4, Sabtu (7/8/2021). Rencananya, Jokowi sendiri yang akan mengumumkan hasil evaluasi PPKM hari ini.

Kepala negara menyoroti penambahan kasus aktif di luar Jawa – Bali yang meningkat secara signifikan, terutama dalam dua pekan terakhir.

Per 5 Juli lalu, penambahan kasus aktif di luar Jawa – Bali berkontribusi sebanyak 13.200 kasus atau 34% dari total kasus nasional. Angka ini kemudian naik pada 1 Agustus menjadi 13.589 atau 44% dari total kasus baru.

Sementara pada 6 Agustus lalu, perkembangan kasus aktif kembali meningkat sebanyak 21.374 kasus atau 54% dari total kasus baru secara nasional.

Lonjakan kasus yang terjadi memang disebabkan karena tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjaga jarak dan menggunakan masker cukup memprihatinkan, utamanya masyarakat di luar Jawa.

Tingkat kepatuhan masyarakat yang berada di pulau Sumatera, Maluku, Kalimantan, hingga Sulawesi berada di bawah 76%. Bandingkan dengan DKI Jakarta dan Bali yang berhasil mencatatkan tingkat kepatuhan di atas 90% dalam menggunakan masker.

Selain itu, tingkat vaksinasi di luar Jawa juga relatif lebih rendah. DKI Jakarta misalnya, data Kementerian Kesehatan menunjukkan, 94,52% masyarakat Ibu Kota telah menerima paling tidak satu dosis vaksin Covid-19.

Sementara itu, tiga daerah dengan tingkat vaksinasi terendah justru berada di luar Jawa – Bali yakni Papua, Maluku, dan Lampung dengan rata-rata penerima vaksin 14,09%, 11,71%, dan 9,55%.

Jika dilihat secara keseluruhan, memang masih terjadi penambahan kasus yang tergolong tinggi. Pada Minggu (8/8/2021), perkembangan kasus harian masih di kisaran 20 – 30 ribu per hari, dan angka kematian berada di atas 1.000 orang per hari.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, terjadi penambahan kasus baru sebanyak 26.415 orang. Dengan begitu, total kasus Covid-19 di Indonesia sepanjang pandemi mencapai 3,66 juta orang.

Pertanyannya sekarang, apakah Jokowi akan kembali memperpanjang PPKM level 4 tau tidal? Kita tunggu saja. Disarikan oleh US sumber

Related posts

Pengumuman! Ini Situs Baru Buat Cek Subsidi Gaji

Tim Kontributor

“Gunakanlah Dua Masker yang baik dan benar”

Tim Kontributor

Kubu KLB Tantang PD AHY Buktikan Moeldoko Pernah Coba Rebut Golkar-PAN!

Tim Kontributor

Leave a Comment