Faktual.id
KOMUNIKASI Pendidikan Universitas

Ilmu Komunikasi, Jurusan Populer Yang Digandrungi Kaum Milenial

Faktual – Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tatacara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi. Ilmu komunikasi bukan jurusan bagi orang pendiam atau jarang bicara? Itu salah. Karena seperti kita tahu komunikasi bisa lewat lisan dan tulisan jadi pernyataan itu cuma mitos. Siapapun boleh mempelajari ilmu komunikasi, yang penting kamu punya niat, minat, dan passion di jurusan ini pasti enjoy dan asyik.

Ilmu komunikasi juga adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi antar individu. Jurusan ilmu komunikasi sendiri mempunyai 3 peminatan namun yang sering dan ada di seluruh perguruan tinggi negeri adalah bidang jurnalistik, PR (Publik Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap PTN. Namun Jurusan Komunikasi di Stisip Widuri mengajarkan semua sisi dalam komunikasi seperti manajemen komunikasi hingga komunikasi media.

Pembelajaran yang kita pelajari sebelum peminatan juga biasanya hal-hal dasar menyangkut komunikasi seperti halnya di SMA sebelum kita penjurusan ke IPA, IPS, dan Bahasa kita mempelajari semua dasar dasarnya terlebih dahulu. Seperti cara pengambilan foto dengan benar seperti hunting foto, utak atik alat teknologi komunikasi, cara berbicara didepan umum yang besar, desain visual, dan cara penggunaan komputer dalam kegunaannya sebagai alat komunikasi.

Karena jurusan ini paling netral disbanding jurusan ini secara umum, lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis, reporter, pembawa acara tv, fotografer, desain komunikasi visual, editor gambar dan video, produser, sutradara, penyiar radio, hingga public relation dalam sebuah perusahaan.

Di jurusan ilmu komunikasi ini peminatan dilakukan agar kita lebih di fokuskan pada salah satu bidang. Contohnya jurnalistik, pada peminatan ini lebih menitikberatkan pada bidang jurnalisme baik media cetak maupun elektronik. Pada peminatan ini lebih dalam mempelajari tentang penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Menjamurnya perusahaan media swasta nasioanal tentunya membutuhkan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter hingga produser pemberitaan.

Bagaimana untuk peminatan Public Relation? Nah peminatan ini cocok untuk kalian yang senang berbicara didepan umum. Hal ini karena yang dipelajari lebih banyak tentang berkomunikasi kepada individu atau masyarakat atau dalam kesehariannya adalah Humas.PR sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan karena perencanaan sebuah perusahaan tidak akan berjalan sesuai rencana jika informasinya tidak tersampaikan kepada karyawan internal, eksternal, hingga masyarakat.

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digita. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” – Rian Wahyudi Putra Nteseo 1828121023

Related posts

Ini Jurusan Kuliah yang Lagi Trendy

penulis

Timnas Indonesia U-19 menang mudah melawan Hadjuk Split, dengan Skor Telak 4-0

Tim Kontributor

Kampus Hijau STISIP Widuri

Tim Kontributor

Leave a Comment