Faktual.id
EKONOMI KOMUNIKASI

Strategi Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru

Pendidikan merupakan suatu hal yang mempunyai prioritas penting saat ini, Pendidikan yang baik bisa dijadikan modal investasi masa depan. Pendidikan yang baik dan berkualitas dapat menentukan karir seseorang dalam dunia kerja sehingga menjadi professional, oleh karena itu Pendidikan pada tingkat perguruan tinggi saat ini dipandang penting oleh masyarakat. Jumlah perguruan tinggi yang banyak, menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa, berbagai potensi dan ke unggulan yang dimiliki perguruan tinggi akan dikerahkan semaksimal mungkin, untuk menghadapi persaingan tersebut, jadi sangat penting bagi perguruan tinggi melakukan branding untuk mengenal kampus widuri.

Oleh karena itu perguruan tinggi sebagai organisasi non profit, seperti juga halnya organisasi bisnis juga melakukan kegiatan pemasaran. Tujuannya agar perguruan tinggi dapat memelihara dirinya secara ekonomi. Tanpa kegiatan pemasaran modern, perguruan tinggi akan sulit memperoleh mahasiswa, sulit mendapat dana hibah masyarakat, dan sulit mendapat dana penelitian. Apalagi ditengah minimnya dana dari pemerintah. Kegiatan pemasaran perguruan tinggi tentu berbeda dengan organisasi bisnis. Perbedaan tersebut tentu disebabkan oleh tujuan, skala, dan pelanggan yang berbeda.

Perguruan tinggi, tentu bukan organisasi bisnis yang kadang lebih permisif dalam banyak hal, sehingga ada Batasan-batasan bagi perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan pemasaran. Boleh dibilang pemasaran perguruan tinggi lebih sebagai pemasaran kehumasan. Sehingga perguruan tinggi lebih banyak mengandalkan pemasaran yang porsi kehumasannya lebih besar.

 

 

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi massa dan Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” – Faiq Zulfikri NIM : 192181009.

Related posts

Antisipasi Libur Idul Adha, Penyekatan PPKM Darurat Ditambah Jadi 998 Titik

Tim Kontributor

Penyekatan Bertambah, Simpang Fatmawati & Antasari Ditutup Jam 06.00-10.00

Tim Kontributor

Ilmu Komunikasi STISIP WIDURI

Tim Kontributor

Leave a Comment