Faktual.id
RAGAM INFO

Gejala Covid-19 Yang Mirip Dengan Flu Biasa

Sebagian besar infeksi Covid-19 varian Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, seperti pilek dan batuk. Gejala ini disebut mirip dengan flu biasa, sehingga menyebabkan penularan sulit dideteksi dan dikendalikan.

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau, masyarakat untuk segera tes Covid-19 meski kondisi gejala batuk, pilek, maupun flu.

“Pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk segera melakukan pemeriksaan tes Antigen maupun PCR apabila merasakan gejala flu dan batuk,” kata Luhut, dalam konferensi pers pada 31 Januari 2022 lalu. Gejala Covid-19 Omicron dan flu mirip, tetapi bagaimana dengan dampaknya? Berikut penjelasan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes):

Penjelasan Kemenkes

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, flu dan Covid-19 memiliki dampak jauh berbeda, meski gejalanya hampir serupa. Berbeda dengan flu, Covid-19 dikatakannya sangat menular dan bahkan bisa menimbulkan kematian.

“Gejalanya sama dan ini memang penyakit infeksi saluran napas, tetapi kita tahu penyebab infeksi saluran napas sekarang terbanyak adalah Covid-19 yang sangat menular bahkan bisa menimbulkan kematian, ini yang harus dicegah,” jelas Nadia.

Apalagi jika infeksi dan penularan dibiarkan begitu saja. “Kalau banyak yang sakit berat dan parah akan membutuhkan perawatan RS dan yang sakit pun kalau banyak sekali butuh obat-obatan,” jelas Nadia.

Dia mengatakan, lonjakan kasus akan membuat fasilitas kesehatan mengalami penambahan beban kerja dan mungkin saja membuatnya kolaps.

“Ini yang harus kita cegah dengan tes dini, karena dengan tes dini kita mencegah jatuh pada kondisi yang parah, karena tidak terlambat mengetahui sakit dan yang pasti tidak menularkan ke orang lain, karena bisa saja orang lain tidak sekuat kita,” lanjutnya.

Sementara influenza tidak memiliki dampak yang terlalu signifikan atau berkepanjangan. Disarikan Oleh MSLP
Sumber

Related posts

Sudah Setahun Pandemi, Pariwisata RI Masih Babak Belur

Tim Kontributor

Fashion Mahasiswa & Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi di Kalangan Kampus

penulis

Beberapa Perusahaan Global Hentikan Bisnis dengan Rusia

Tim Kontributor

Leave a Comment