Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Etik Prabowo Dengan Ucapan Ndasmu Dinilai Pengamat Sarkas dan Provokatif

Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo angkat bicara soal pernyataan Prabowo Subianto yang mengejek pertanyaan Anies Baswedan saat debat calon presiden di KPU Indonesia beberapa waktu lalu.

Rio Prayogo mengaku kaget dengan ekspresi Prabowo yang terkesan kesal dari Prabowo yang menyebut ndasmu etik.

Rio menyatakan hal itu tidak sesuai dengan ucapan juru bicara paslon nomor urut dua yang menyebut tidak ada persoalan dengan debat capres perdana itu.

“Terus terang saya kaget, ternyata persoalan debat kemarin masih menyimpan rasa kesal bagi Prabowo dan tim. Hal ini sekaligus membantah keterangan jubir 02 bahwa debat kemarin Prabowo biasa saja, tidak marah dan bahkan tidak bisa menyerang personal”, kata Rio dalam keterangannya, Sabtu (16/12).

Rio juga menyayangkan ucapan seperti itu keluar dari Prabowo. Menurutnya, kata itu berkesan sarkastis, provokatif, dan menihilkan pentingnya etika.

Dia juga menyebut bahwa hal seperti itu justru bisa menjadi blunder bagi paslon nomor urut dua terkait dukungan publik.

“Tentu hal ini tidak baik, ya, apalagi menggunakan kalimat sarkas seperti itu. Sangat provokatif dan berpotensi menimbulkan gejolak di tengah masyarakat. Jika ingin menang Prabowo harusnya bisa menahan emosi demi simpati rakyat, jika tidak demikian, maka dukungan publik akan pindah ke capres lainnya terutama ke 01 yang memiliki basis (pendukung) relatif sama”, papar Rio.

Sebelumnya, dalam acara Debat Capres KPU yang berlangsung 12 Desember 2023, Anies Baswedan menanyakan pendapat Prabowo soal temuan MKMK (Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi) yang menyebutkan terjadi pelanggaran etika di MK.

Ternyata, debat perdana calon presiden (capres) 2024 masih menyisakan sejumlah kisah dari para kandidat capres.

Terbaru, adalah dari capres nomor urut dua Prabowo Subianto, yang mengungkit pertanyaan Anies Baswedan soal pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam petikan video saat berlangsung pidato Prabowo di depan kader Partai Gerindra yang beredar di media sosial, ia mengungkit kembali pertanyaan Anies tersebut.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik..etik. etik…ndasmu etik!”, kata Prabowo di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra yang digelar tertutup di JIExpo, Jakarta Pusat, Jumat (15/12).

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Kaesang Ingin Maju Pilkada Depok 2024, Ini Respon Jokowi.

Tim Kontributor

PDIP Minta Amien Rais Untuk Tak Ikut Campur Tentang Isu Presiden 3 Periode

Tim Kontributor

Jika Cawapres Anies Tak Diumumkan Bulan Ini, Demokrat Akan Mengevaluasi Kembali.

Tim Kontributor

Leave a Comment