Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Doro Bata, Situs Kuno yang Disulap Jadi Taman

Masa pandemi virus corona menjadi momok yang tak dapat dihindari oleh masyarakat. Ruang gerak untuk mencari uang pun menjadi sangat terbatas. Dalam keadaan seperti ini, sebagian orang harus memutar otak agar dapat memenuhi kebutuhan setiap hari.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok pemuda Sambi Tangga, Kelurahan Kandai 1 Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka menyulap sebuah situs konu yang tak terawat menjadi taman cantik dan ramai dikunjungi dalam setiap harinya. Pundi-pundi rupiah pun mereka dapatkan.

Nama situs tersebut adalah situs Doro Bata. Sebuah situ peninggalan masa kerajaan hingga kesultanan Dompu. Situs ini, sebelumnya tak terawat, hanya saja masih dilakukan penggalian oleh Balai Arkeologi Bali yang melakukan penelitian sejak tahun 1993.

Ketua koordinator Taman Situs Dorobata, Wahyudin mengatakan, disulapnya situs tersebut menjadi taman rekreasi karena melihat keadaan di tengah masa pandemi. Warga sekitar yang hanya bekerja sebagai pedagang di pasar dan petani cukup susah untuk menstabilkan ekonomi keluarga.

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan Dinas Pariwisata, kami pun mulai menata tempat ini sedikit demi sedikit,” kata Wahyudin pada detikcom Sabtu (27/3/2021) malam.

Spot-spot unik yang fotogenik pun mereka bangun dan dibentuk sedemikian rupa. Demikian juga posisi lapak jualan warga sekitar. Setiap pengunjung yang ingin berfoto, mereka berlakukan tarif, begitu juga pada lahan parkir.

Wahyudin mengatakan, dalam setiap harinya taman situs Dorobata selalu ramai dikunjungi oleh warga, terutama pada sore dan malam hari.

“Setiap harinya selalu ramai, kami pengelola bisa mendapatkan Rp 200-600 ribu perhari. Warga di sekitar lokasi juga ikut merasakan dampak positifnya. Mereka menjual kopi dan pasti ramai. Alhamdulillah terbantukan,” ungkap Wahyu.

Sejak tiga bulan lalu, situs Dorobata selalu menjadi tempat andalan warga Dompu untuk melepas penat. Selain karena lokasinya yang berada tak jauh dari jantung kota Dompu, situs Dorobata juga memiliki panorama alam yang menarik pada malam hari, terutama pada para fotografer yang memburu angle milky way.

sumber

Related posts

Kenapa Ada yang Masih Kena COVID-19 Padahal Sudah Vaksinasi? Ini Kata WHO

Tim Kontributor

Menyimpan Masker di Rumah Jangan Asal..Begini Cara Tepatnya

Tim Kontributor

Tips Belajar Daring Dimasa Pandemi

Tim Kontributor

Leave a Comment