Faktual.id
KOMUNIKASI POLITIK RAGAM INFO

Catat! Vaksin Merah Putih Diproduksi Mulai April 2022

Indonesia melalui PT Bio Farma (Persero) sedang mengembangkan Vaksin Merah Putih untuk melawan virus Corona (COVID-19). Vaksin made in Indonesia itu ditargetkan diproduksi mulai April 2022.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan pada Maret 2022 ditargetkan sudah diperoleh izin penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA).

“Ditargetkan nanti Maret 2022 terutama yang vaksin BUMN yang dikembangkan oleh Bio Farma itu sudah mendapatkan EUA dari Badan POM, sehingga bulan April kita boleh produksi,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara langsung, Rabu (7/7/2021).

“Dan kita masih akan melewati beberapa tahap uji klinis,” jelas Honesti.Lebih lanjut dia menjelaskan saat ini Vaksin Merah Putih masih berproses dan sedang dalam tahapan uji praklinik.

Target tersebut lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, di mana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pernah mengatakan Vaksin Merah Putih buatan dalam negeri bakal rampung di kuartal IV-2022.

“Kalau memang benar nanti seed daripada vaksinnya sudah benar-benar kami terima di Bio Farma, di kuartal I tahun 2022 kita melakukan uji klinis, semoga juga nanti di uji klinis yang terakhir yaitu di kuartal III tahun 2022, sehingga di kuartal IV 2022 kita sudah mempunyai Vaksin Merah Putih sendiri,” kata Erick dalam kegiatan Plasma BUMN Untuk Indonesia secara virtual, Senin (8/2/2021).

sumber

Related posts

Pemilik Lahan Bantah Tanah di Ciledug yang Ditembok 2 Meter Jalan Umum

Tim Kontributor

WHO: Orang yang Tidak Divaksin Mati Sia-sia karena COVID-19

Tim Kontributor

Berikut Penjelasan Ilmiah Tentang Rasa Obat Sangat Pahit

Tim Kontributor

Leave a Comment