Faktual.id
RAGAM INFO

Menko Marves, Berterima Kasih Kepada China Karena Telah Menyediakan Vaksin

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke China, tepatnya di Kabupaten Anji, Provinsi Zhejiang dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri China, www.fmprc.gov.cn, Luhut berterima kasih kepada Pemerintah China atas bantuan Negeri Tirai Bambu itu kepada Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

“Dengan tulus berterima kasih kepada China karena telah menyediakan vaksin, obat-obatan dan bahan anti pandemi kepada Indonesia serta membantu Indonesia mewujudkan tingkat vaksinasi yang tinggi, yang sepenuhnya mencerminkan persahabatan orang-orang China,” ujarnya Luhut seperti dikutip Kompas.com dari situs resmi Kementerian Luar Negeri China.

Kementerin Luar Negeri China juga menyebut bahwa Indonesia akan mempercepat kerja sama dengan China dalam proyek-proyek Belt and Road Initiative (BRI).

Di sisi lain, kedua negara juga terus meningkatkan kerja sama infrastruktur, perdagangan, investasi, kesehatan, pembangunan ramah lingkungan, dan kerja sama maritim.

Menlu China Wang Yi merespons apresiasi yang disampaikan Luhut. Wang Yi mengatakan, bersama dengan Indonesia, China siap melaksanakan prakarsa penting China-ASEAN Health Shield yang diajukan oleh Presiden Xi Jinping.

China menyatakan terus memperdalam kerja sama terkait vaksin Covid-19, serta penelitian dan pengembangan obat. China juga mengaku akan mendukung kerja sama teknologi dengan Indonesia untuk membangun pusat produksi vaksin dalam negeri.

Selain itu, China juga mengaku mendukung penuh Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun depan, dan mendorong pemulihan ekonomi dunia serta meningkatkan tata kelola ekonomi global.

Pada 12-13 Januari 2021, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyempatkan berkunjung ke Indonesia selama 2 hari. Saat itu, Indonesia dan China menandatangani dokumen kerja sama (MoU) terkait proyek kerja sama Two Countries Twin Park di Parapat, Sumatera Utara.

Tujuan kerja sama ini untuk membangun model baru industri antara Indonesia dan China serta memperkuat pertukaran kerja sama ekonomi dan perdagangan. Disarikan Oleh MSLP
Sumber

Related posts

KPK Sita Uang Berkas di Rumdin Bupati dan Plt Kadis PU Hulu Sungai Utara

Tim Kontributor

Kebakaran Pabrik Korek di Tangerang Akhirnya Padam

Tim Kontributor

Si Hoki yang Sialan

Tim Kontributor

Leave a Comment