Faktual.id
KOMUNIKASI

Cabor Diminta Oleh Kemenpora Untuk Menyesuaikan Event Terkait Dengan Kondisi Pandemi.

Kementerian Pemuda dan Olahraga atau biasa disebut kemenpora,  meminta kepada seluruh cabang olahraga (cabor) untuk menyesuaikan turnamen mereka yang akan digelar dengan situasi pandemi covid-19 hal itu diberitahukan  melalui sekertaris Kementerian Pemuda dan Olahraga yaitu, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto.

Pada awal Maret lalu, Menteri Pemuda Dan Olahraga yaitu Zainudin Amali pernah memanggil tiga pimpinan cabor, yaitu PSSI, Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) dan Pengurus Besar Persatuan Bola Voli seluruh Indonesia (PB PBVSI) untuk meminta penjelasan rencana kelanjutan kompetisi yang digelar. Gatot menyatakan ketiga cabang olahraga tersebut  menjadi penting untuk diketahui perencanaanya karena melibatkan klub besar dan digelar lintas provinsi disaat situasi pandemi seperti ini.

Pada bulan  Oktober 2020, kompetisi basket bertajuk Indonesian Basketball League (IBL) dan kompetisi voli Proliga resmi dibatalkan. Selain itu, kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 yang semula dijadwalkan berlanjut mulai 1 Oktober mendatang juga terpaksa untuk ditunda. Salah satu penyebabnya yakni kondisi pandemi covid-19 di Indonesia yang belum juga mereda.  Dan khusus sepak bola pun juga ditunda sampai awal November mendatang sambil melihat situasi terkini pandemi.

Dipemberitaan CNN Indonesia.com pada kamis 8 oktober Gatot mengatkan “Basket kemarin sudah dan voli sudah dibatalkan.kemudian sepak bola pun juga di tunda. Dan ia mengungkapkan bahwa penundaan atau pembatalan tersebut tidak ada campur tangan sama sekali oleh kemenpora. Dan mereka hanya memfasilitasi.

Ia juga mengatakan “Kembali ke protokol kesehatan yang kami buat 11 Juni dulu. Ada tahap kegiatan olahraga bisa digelar yang disesuaikan dengan kondisi pandemi. Kalau covid-19 masih tinggi seperti apa, kalau mereda seperti apa. Kami memohon kepada cabor mohon patuh menyesuaikan kegiatannya dengan situasi pandemi saat ini,” imbuhnya.

Gatot melanjutkan menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan jika kondisi dan situasi covid-19 sudah mulai pada awal November kemungkinan Liga 1 2020 bisa dilanjutkan. Sebab, dalam hitung-hitungan jadwal, masih ada waktu selesai sampai menjelang puasa Ramadan kompetisi bisa selesai. Namun, jika kondisi pandemi covid-19 masih belum juga mereda hingga awal November, Kemenpora masih menunggu sikap dan keputusan akhir dari PSSI.

“Sejauh ini belum ada laporan kalau ada turnamen atau kejuaraan lain yang berjalan. Kami mendengar ada event balap kuda di Yogyakarta yang ditunda atau dibatalkan begitu, karena situasi pandemi. Tapi sekali lagi, kami hanya nunggu informasi dari cabor kelanjutan kompetisi atau turnamen yang digelar. Yang mengadakan kan bukan kami,” tegas Gatot. sumber

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” Karina Zeta Ayuningtyas/MMD3

Related posts

Meningkatnya Pesepeda di Tengah Pandemi Covid-19.

Tim Kontributor

kita ngobrol gini juga komunikasi? kok ada jurusannya sih? berikut penjelasannya

penulis

Pembelajaran Jarak Jauh Dimassa Pandemi

Tim Kontributor

Leave a Comment