Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Belum Vaksin tapi Mau ke Malioboro? Vaksin Dulu di Stasiun Tugu

Malioboro membuka pintu hanya untuk mereka yang sudah divaksin. Pemkot Yogyakarta bersama PT KAI memberikan fasilitas vaksin Covid-19.

Instruksi wajib vaksin bagi pengunjung Malioboro, salah satu destinasi wisatawan favorit di Yogyakarta, itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Itu untuk menekan penularan virus Corona, namun roda ekonomi tetap berjalan.

Pemkot Yogyakarta menempatkan petugas untuk memeriksa kartu vaksin Covid-19 pengunjung mulai Rabu (11/8/2021).

“Mau masuk ke Malioboro, nanti harus menunjukkan kartu vaksin. Akan dilakukan pemeriksaan secara sampling oleh petugas di tahap awal,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat pencanangan Kawasan Malioboro dan Stasiun Tugu wajib masker dan vaksin, Rabu (11/8/2021) di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Untuk memudahkan mereka yang belum vaksin, Pemkot Yogyakarta menggandeng PT KAI yang sudah lebih dulu menyediakan vaksin di Stasiun Tugu. Para pengunjung bisa vaksin di stasiun itu.

“Karena ini wajib, jadi kami tetap memfasilitasi pengunjung yang belum divaksin. Nanti, petugas di Malioboro akan mengarahkan untuk mendapatkan vaksinasi ke sini (sisi selatan Stasiun Tugu),” kata Haryadi.

Kepala Daerah Operasional (Daops) VI PT KAI Asdo Artiviyanto mengungkapkan PT KAI memang sudah lebih dulu memberikan fasilitas vaksinasi Covid-19 kepada penumpang kereta api. Yakni, mulai tanggal 3 Juli 2021 dan hingga 10 Agustus dengan sasaran sebanyak 3.820 orang yang divaksin.”Ini (fasilitas vaksinasi) dari PT KAI bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta untuk memfasilitasi penumpang yang mau naik kereta api maupun pengunjung Malioboro,” dia menambahkan.

Kini, PT KAI juga bakal melayani pengunjung Malioboro.

“Sebab, selain mensyaratkan PCR dan antigen negatif 1X24 jam, calon penumpang juga harus membawa sertifikat vaksin,” katanya.

“Vaksin ini diperuntukkan bagi masyarakat calon penumpang, pekerja KAI dan keluarga pekerja KAI. Hal ini untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan bersama,” Asdo menjelaskan.

Artikel ini disajikan oleh zhie.ahmadd, sumber.

Related posts

Identitas 3 Kru Pesawat Rimbun Air yang Hilang Kontak di Intan Jaya

Tim Kontributor

Tak Kebagian Obat Isoman COVID-19? Tak Perlu Panik, Ini Pesan Ahli Farmasi

Tim Kontributor

Aplikasi Online Bantu Jomblo Cari Jodoh

Tim Kontributor

Leave a Comment