Faktual.id
Bisnis

Atasi Stres Dengan Mengonsumsi Makanan Manis

Masing-masing dari kita khususnya orang dewasa pasti pernah mengalami stres. Stres ini akan muncul saat kita menghadapi berbagai macam masalah ataupun tekanan. Namun tidak perlu terlau ditakuti karena stres merupakan bagian alami dari kehidupan kita akan tetapi stres yang dapat dianggap biasa ini dapat merusak kesehatan jiwa maupun jasmani kita sendiri apabila stres tersebut terlalu berat untuk kita hadapi dan berlangsung lama.

Stres ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari kita untuk itu sangat penting untuk segera diatasi. Masing-masing orang mengatasi stress dengan cara yang berbeda-beda pula, kadang kala ada orang yang mengatasinya dengan tidur seharian, olahraga, menonton film atau bahkan minum obat penenang stres yang telah diresepkan oleh dokter. Dan ada pula yang mengatakan bahwa cara cepat mengatasi stres yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan pedas bukan makanan manis yang akan membuat badan kita akan menggemuk.

Namun tahukah kalian bahwa makanan manis juga sangat efektif dalam mengatasi stres. Penelitian mengatakan bahwa  mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula dapat menurunkan jumlah kortisol di dalam tubuh. Sehingga, respons otak dalam menanggapi stres akan ikut membaik. Dengan kita mengonsumsi makanan manis kita dapat merangsang pelepasan hormon dopamin dan serotonin. Dengan hadirnya kedua hormon tersebut, kita akan merasa lebih bahagia dan senang sehingga stress yang kita rasakan dapat segera hilang namun perlu dibatasi juga saat mengonsumsi makanan manis ini agar tidak berlebihan yang dapat memberikan efek negatif bagi tubuh kita.

Penulis : Karina Zeta Ayuningtyas, Mahasiswa STISIP Widuri.

Related posts

Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

Tim Kontributor

Ramai Saat Jam Makan Siang, Inilah Rahasia Kantin STISIP Widuri

penulis

Kuliah? Widuri donggggg

Tim Kontributor

Leave a Comment