Faktual.id
RAGAM INFO

Apakah Hobi Yang Kita Gemari Dapat Memberikan Keuntungan?

Merupakan salah satu pertanyaan mendasar yang banyak ditanyakan orang kepada diri kita sendiri. Hobi sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berkala dan dapat menimbulkan euphoria di dalam diri kita. Sering kali terdapat beberapa hal yang dikaitkan antara hobi dan cita-cita, karena diantara keduanya merupakan suatu hal yang akan dilakukan berdasarkan kesenangan diri masing-masing. Membahas tentang hobi tentunya membuat sebagian orang bertanya-tanya, apa sih hobi saya sebenarnya? Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang digemari dan dilakukan secara berulang-ulang kali. Contohnya adalah hobi berenang, menyanyi, bermain alat music, membaca, menulis, fotografi, mengedit video, dsb.

Tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang memiliki hobi lebih dari satu. Hal itu wajar saja terjadi, karena kembali lagi kepada individu orang itu sendiri, jika memang memungkinkan lebih dari satu kegiatan yang digemari, maka jika memiliki hobi lebih dari satu itu pun tidak apa-apa, karena tidak ada pembatas yang diberikan. Lalu, apakah hobi yang kita gemari tersebut dapat memberikan suatu keuntungan?
Berbicara mengenai keuntungan tidak melulu berkaitan dengan materi. Keuntungan yang kita dapatkan dari hobi kita tersebut berbeda-beda. Pada contohnya seseorang yang memiliki hobi membaca, apakah keuntungan yang didapatkan dari hobi tersebut berbentuk materi? Tentu tidak! Dari hobi membaca tersebut, salah satu keuntungan yang dapat didapatkan adalah pengetahuan. Karena jangan salah, pengetahuan lebih berarti dari pada nilai materi. Dari adanya pengetahuan yang didapatkan karena kegemaran membaca tersebut, membuat diri seseorang tersebut memiliki nilai plus.
Tapi apakah ada hobi yang dapat memberikan keuntungan berupa materi? Tentu saja ada, pada contohnya di era milenial dan modern ini. Dimana setiap orang mulai terinspirasi dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan streaming video online yang memuat berbagai macam konten, mulai dari fashion, edukasi, komedi, dll. Jika dilihat pada era sekarang ini, banyak orang yang lebih mengeksplorasi hobi yang dimiliki, pada contohnya seseorang yang memiliki hobi menyanyi, memainkan alat music dan mengedit video. Dengan dukungan hobi yang dimilikinya, orang tersebut dapat membuat berbagai macam konten berupa cover music ataupun yang lainnya.
Pada intinya, jika memiliki hobi, kita harus mencoba untuk mengeksplorasi hobi yang kita miliki tersebut. Jangan takut untuk tampil dan bersaing dengan individu lainnya! Karena pasti setiap orang memiliki perbedaan dan kekhasan masing-masing.

Penulis : Nabilla Putri Mahasiswa STISIP Widuri

Related posts

SELF AWARENESS MASYARAKAT DI MASA PANDEMI

Tim Kontributor

Ramadhan Sebentar Lagi, Menaker Siapkan Aturan THR

Tim Kontributor

Bayar Bandros Kini Bisa Pakai Gopay

Kontributor

Leave a Comment