Faktual.id
RAGAM INFO

APA MAKNA DARI IKAN BANDENG DI HARI PERAYAAN IMLEK ?

Mungkin sudah tidak asing lagi ya seluruh masyarakat yang sejak jaman dahulu dan sampai sekarang kalau setiap perayaan imlek pasti selalu identik dengan ikan bandeng. Kenapa si harus ikan bandeng ? jadi dalam tradisi Tionghoa, mengkonsumsi ikan bandeng pada hari raya imlek yang dipercaya akan mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Menu ikan bandeng yang disajikan diatas meja ini diartikan sebagai lambang rezeki. Hal tersebut dikarenakan, dalam logat mandarin kata “ ikan “ sama artinya “ Yu “ yang berarti rezeki. Maka dari itu inilah salah satu menu utama dalam perayaan Imlek yaitu Ikan Bandeng. Ikan bandeng biasanya disajikan utuh dari kepala sampai ekornya, dan seringkali kepala ikan bandeng diarahkan kepada tamu kohormatan yang hadir.

Simbol hidup hemat dan awet muda, secara makna yang lebih mendalam adalah simbol penghormatan. Dalam perayaan Imlek, biasanya ikan bandeng diolah menjadi pindang bandeng. Memasak ikan bandeng hanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia yang menjadi salah satu tradisi Imlek dikawasan jabodetabek yang merupakan perpaduan budaya Cina dan Betawi.

 

Related posts

Sebut Anggaran Multivitamin DPR Fantastis, Wakil Rakyat PDIP Minta Penjelasan

Tim Kontributor

Sayang Bensin atau Sayang Nyawa

Tim Kontributor

Gara-gara Covid, Luhut: Wisata Indonesia Sangat Menderita

Tim Kontributor

Leave a Comment