Faktual.id
Investasi Politik Luar Negeri

9 WNI Terinfeksi Virus Corona di Jepang di benarkan oleh Kemenlu

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia membenarkan bahwa total warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Corona baru, Covid-19 di Jepang bertambah menjadi sembilan orang. Ini adalah respon atas pernyataan yang dilontarkan oleh Menteri Kesehatan Indonesia, Terawan Agus Putranto.

Terawan mengatakan bahwa saat ini ada sembilan WNI yang dirawat oleh otoritas Jepang karena terinfeksi Covid-19. WNI yang terinfeksi semuanya adalah kru kapal Diamond Princess.

 

“Terkofirmasi sembilan kru WNI di Diamond Princess, hasil tesnya menunjukkan positif terinfeksi Covid-19,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha pada Senin (24/2/2020).

Sementara itu, ketika disinggung mengenai hasil tes 69 kru WNI lainnya di kapal pesir tersebut, Judha mengatakan hasil tes lanjutan akan diumumkan oleh ororitas Jepang secara bertahap beberapa hari mendatang.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan siap membantu evakuasi WNI di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. Selain itu, BNPB juga siap mengevakuasi WNI yang berada di kapal World Dream.

“Ada dua rencana, baik itu di World Dream dan Diamond Princess. Secara detail penjelasannya bukan dari BNPB. Tapi dari Kementerian Kesehatan dan BNPB telah melakukan kesiapan-kesiapan sesuai nanti arahan teknis karena ini sangat tergantung dari masukan Kemenkes,” kata Kepala BNPB Doni Monardo.

Namun, Doni masih enggan menjelaskan teknis evakuasi WNI yang masih ada di dua Kapal tersebut akibat virus Corona. sumber

 

Related posts

Optimis Negosiasi Dagang AS-China Rupiah Berpeluang Terangkat

Kontributor

Bursa Indonesia Paling Menguntungkan Sedunia Dalam 10 Tahun Terakhir

Kontributor

Diminta Ramah ke Umat Muslim, Begini Cuitan Donald Trump

Kontributor

Leave a Comment