Faktual.id
gaya hidup Kesehatan

Tips Unik untuk Menjaga Kesehatan yang Jarang Diketahui

Menjaga kesehatan sangat di perlukan pada masa pandemic ini. Mungkin beberapa tips ini belum terbukti secara ilmiah, tetapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba, karena bisa saja membantu dalam mengatasi masalah kesehatan yang sedang Anda alami. Apakah kalian penasaran mengenai hal ini? Simak selengkapnya hanya di sini yang berhasil dilansir dari Bright Side:

  1. Ke toilet di tengah malam dengan menutup satu mata

Pada saat tengah malam, pergi ke toilet setelah Anda tertidur keadaan bisa menjadi sebuah malapetaka yang memberikan efek pada tidur Anda. Hal itu disebabkan karena setelah bangun, tentu saja Anda akan menyalakan lampu untuk pergi ke kamar mandi.

Di sisi lain, cahaya yang tiba-tiba terang bisa membuat otak menganggap bahwa kejadian tersebut adalah waktu pagi, kejadian tersebut bisa membuat anda susah kembali tidur. Oleh sebab itu, cobalah Anda pergi ke toilet dengan hanya membuka satu mata. Hal ini bisa membantu meminimalkan jumlah cahaya yang masuk ke dalam retina serta tidak terlalu banyak memberi sinyal pada otak Anda. Setelah Anda menyelesaikan semua urusan di dalam toilet, setelahnya Anda bisa tertidur dengan cepat lagi.

  1. Menghentikan cegukan dengan cara menakuti diri sendiri

Anda pasti pernah merasakan serangan cegukan, dan pada saat itu mungkin juga Anda pernah merasa apabila cegukan tersebut tidak mungkin berhenti, padahal dalam banyak kasus akhirnya cegukan dapat berhenti setelah beberapa menit.

Nah ada trik supaya dapat menghentikan cegukan dalam sekejap, yaitu dengan cara meminta seseorang untuk membuat antda tiba-tiba merasa takut atau terkejut. Tindakan mendadak tersebut dapat membantu jantung berdetak lebih cepat serta meningkatkan sirkulasi darah. Pada saat itulah Anda bisa mengalihkan perhatian dari cegukan.

  1. Tidur di kamar yang mempunyai suhu dingin

Percaya atau tidak bahwa tidur di kamar yang memiliki suhu dingin sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur anda secara keseluruhan. Karena hal tersebut dapat membantu anda tertidur dengan cepat dan juga membantu mengurangi kemungkinan diabetes dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Tidur di kamar yang mempunyai suhu yang dingin juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin, yang mana mampu membantu menurunkan resiko diabetes tipe 2. Suhu yang ideal adalah antara 16 sampai 20 derajat Celcius. Hal ini bisa mendorong tubuh supaya bisa memproduksi hormon melatonin yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta hormon anti penuaan yang kuat.

  1. Meminum kopi supaya mendapat tidur siang yang lebih baik

Meminum kopi biasanya dikenal dapat membantu mata terjaga di malam hari. Namun sebuah penelitian yang di lakukan di Jepang menemukan bahwa orang yang melakukan tidur siang dengan meminum kopi yaitu satu sampai dua cangkir kopi sebelum tidur selama 20 menit mampu membuat seseorang merasa lebih berkinerja dalam tes komputer daripada orang-orang yang hanya tidur siang tanpa minum kopi terlebih dahulu.

  1. Penggosok langit-langit mulut dengan lidah supaya tidak merasakan sakit kepala ketika minum atau makan yang dingin.

Merasakan sakit kepala setelah minum atau makan sesuatu yang dingin merupakan hal yang wajar. Nah untuk menghilangkannya dah bisa melakukan trik dengan menggosokkan bagian atas mulut dengan lidah. Hal ini bertujuan untuk menjaga perubahan suhu yang terjadi dalam tubuh Anda yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Itulah beberapa tips dan trik kesehatan yang unik. Semoga bermanfaat !

Penulis : Rika Nurseptiani W,  Mahasiswa Stisip Widuri

Related posts

Mengapa GNI ?

penulis

TEMAN YANG MEMBANTU KESUKSESAN

Tim Kontributor

Benarkah Makanan Organik Jauh Lebih Sehat?

Tim Kontributor

Leave a Comment