Faktual.id
gaya hidup

Tips Tetap Nyaman Pakai Masker Meskipun Di Cuaca Panas

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita semua menggunakan masker saat di ruang publik, rutinitas memakai masker ini membuat sebagian orang tidak nyaman, apalagi di tengah cuaca panas yang terik. Namun itu bukan berarti seseorang jadi bebas melepas masker, terlebih ketika berada di tempat umum.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah terus mengampanyekan 3M untuk menghambat penyebaran Covd-19, yaitu jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker.

Sejumlah studi menyatakan pemakaian masker efektif menghambat penyebaran virus Corona di tempat umum. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar tetap nyaman memakai masker meskipun di tengah cuaca panas, dilansir dari Medical Xpress.

  1. Gunakan masker yang berbahan ringan

WHO dan pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker dengan rapat dan tertutup, agar virus di udara tidak terhirup dan masuk melalui hidung atau mulut.

Supaya nyaman memakai masker, cobalah beralih ke masker yang terbuat dari bahan ringan seperti masker bedah, yang dinilai lebih nyaman untuk bernapas. Saat cuaca panas, menggunakan masker kain akan membuat kita lebih cepat gerah dan tidak nyaman.

Masker bedah atau masker medis saat ini mudah di dapatkan, dijual di pasaran dengan harga yang beragam. Masker medis juga tersedia dalam berbagai model dan ukuran.

  1. Ganti masker secara berkala

Saat berada di ruang terbuka dalam waktu lama, wajah seseorang biasanya berkeringat. Hal tersebut terkadang membuat seseorang tak nyaman memakai masker.

Kekeringan membuat permukaan masker menjadi lembab, kemudian itu yang membuat fungsi masker sebagai penyaring virus tidak maksimal.

Pemerintah, melalui Satgas Covid-19 menyarankan bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk mengganti masker 4 jam sekali. Untuk itu, bawa beberapa masker cadangan saat beraktivitas di luar rumah. Simpanlah masker-masker cadangan di tempat khusus agar tidak terkontaminasi dengan benda lain.

  1. Sesekali buka masker

Terus menggunakan masker terlalu lama dapat menimbulkan rasa kurang nyaman, mulai dari rasa nyeri di belakang telinga, lecet pada tulang hidung, hingga kesulitan bernapas.

Rasa tidak nyaman juga kerap terjadi kala seseorang beraktivitas di udara panas. Jika merasa sudah tidak nyaman menggunakan masker, kita dapat beristirahat sejenak sambil membuka masker yang menempel di wajah.

Sebaiknya pilih lokasi istirahat yang jauh dari kerumunan, agar tetap aman untuk diri Anda dan orang lain.

  1. Meminum air secara teratur

Cuaca panas membuat tubuh jadi cepat lelah karena pasokan jumlah oksigen yang berkurang, apalagi ditambah memakai masker semakin membuat seseorang kesulitan bernapas. Supaya tetap nyaman memakai masker saat beraktivitas di tengah udara panas, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cara minum air secara teratur.

Tubuh yang kelelahan akibat kurang oksigen dapat dideteksi dari beberapa hal seperti pusing hingga jantung yang berdebar kencang. Jika napas sudah terasa berat, dianjurkan untuk melepaskan masker dan segera mendatangi fasilitas kesehatan.

Sesuai saran WHO, agar terhindar dari paparan Covid-19 masyarakat dianjurkan untuk selalu memakai masker saat beraktivitas. Terlebih ketika beraktivitas di luar ruangan seperti bertemu kerabat, berbelanja hingga berolahraga.

Selain pakai masker, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, masyarakat juga dianjurkan untuk selalujaga jarak dan sering cuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Sumber

” Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Khanifah Juniasari/MMD3

Related posts

Nita Thalia Melakukan Operasi Plastik agar Suami Setop Selingkuh

Tim Kontributor

Nasi Goreng Sampah, Gimana Ya Rasanya?

Tim Kontributor

Mau Bikin Ayam Goreng Khas Korea? Yuk Simak Resep Dan Cara Pembuatannya

Tim Kontributor

Leave a Comment