Faktual.id
RAGAM INFO

Ternyata Omicron Susah Dibedakan denga Flu Biasa

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, gejala terpapar varian Omicron sulit dibedakan dengan batuk atau flu biasa. Sehingga dia meminta masyarakat segera melakukan tes jika merasakan gejala tersebut.

“Mengingat gejala Omicron yang ringan dan sulit dibedakan dengan batuk atau flu biasa, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan testing bila merasakan gejala tersebut,” ujar Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM.

Selain itu, jika merasakan gejala masyarakat diminta tidak pergi ke area publik. “Lakukan isolasi mandiri jika terdapat gejala seringan apapun,” tambahnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kebanyakan pengidap infeksi omicron yang sudah menerima vaksin Covid-19 penyakitnya ringan dan tanpa gejala. “Gejala paling banyak adalah batuk (49 persen) dan pilek (27 persen),” kata Nadia.

Kendati relatif ringan untuk penderita yang sudah divaksinasi Covid-19, tapi penyebaran penyakit ini lebih cepat daripada virus corona varian lainnya.

Pemerintah juga mewanti-wanti agar setiap orang disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat belakangan kasus transmisi lokal terus meningkat.

Apabila tidak diantisipasi sejak dini, tidak menutup kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 bisa cukup tinggi dan rawan membebani layanan kesehatan. Disarikan Oleh MSLP
Sumber 

Related posts

Di Wuhan Ratusan Sampel Diperiksa, Asal-Usul Corona

Tim Kontributor

7 Tragedi Maut Kapal Selam Dunia

Tim Kontributor

2 Truk Tabrakan di Jl Daan Mogot Jakbar

Tim Kontributor

Leave a Comment