Faktual.id
RAGAM INFO

Siapa Nih Yang Habis Makan Langsung Gegoleran Simak Yah Bahayanya …

Tiduran setelah makan mungkin terlihat sebagai kegiata sederhana namun ternyata menyimpan dampak berbahaya Ketika perut kenyang, biasanya rasa ngantuk akan menyerang.

Hal itu membuat beberapa orang akhirnya memilih rebahan setelah makan sambil bersantai. Meski terlihat sederhana, siapa sangka kebiasaan tidur setelah makan ini memiliki efek berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Annisa Maloveny menjelaskan jika ada beberapa dampak berbahaya kebiasaan tidur setelah makan. Bahaya pertama yang akan timbul jika kamu melakukan kebiasan ini adalah munculnya GERD atau gastroesophageal reflux disease

GERD adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan dimana asal lambung kembali naik ke esofagus Annisa menjelaskan jika makan setelah tidur akan membat pencernaan tidak berjalan dengan sempurna menjelaskan jika ada beberapa dampak berbahaya kebiasaan tidur setelah makan. Kalau habis makan kita langsung tidur, maka pencernaan tidak akan sempurna,

sophageal clearance (pembersihan kerongkongan setelah makan) tidak sempurna, asamnya naik, tentu saja terjadi gerd, sfingter juga tidak menutup dengan kencang dan sempurna Kenaikan asam lambung yang sering terjadi, akibat kebiasaan langsung tidur setelah makan, dapat mengakibatkan radang atau kerusakan sel-sel pada kerongkongan maupun faring.

Dalam jangka panjang, kondisi itu bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, suara berubah dan paling bahaya bisa menimbulkan serangan asma. Maka dari itu, setelah makan akan lebih baik jika kita duduk tegak atau berdiri dan jangan tiduran apalagi tidur.

Dampak buruk kedua dari tidur atau tiduran setelah makan adalah bertumpuknya lemak di tubuh.

Jika setelah makan anda langsung tidur, maka kalori yang dikonsumsi akan menjadi lemak.
tiduran  setelah makan mungkin terlihat sebagai kegiata sederhana namun ternyata menyimpan dampak berbahaya. Ketika perut kenyang, biasanya rasa ngantuk akan menyerang.

Hal itu membuat beberapa orang akhirnya memilih rebahan setelah makan sambil bersantai. Meski terlihat sederhana, siapa sangka kebiasaan tidur setelah makan ini memiliki efek berbahaya untuk kesehatan tubuh. Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Annisa Maloveny menjelaskan jika ada beberapa dampak berbahaya kebiasaan tidur setelah makan.

Bahaya pertama yang akan timbul jika kamu melakukan kebiasan ini adalah munculnya GERN atau gastroesophageal reflux disease GERD adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan dimana asal lambung kembali naik ke esofagus.

Annisa menjelaskan jika makan setelah tidur akan membat pencernaan tidak berjalan dengan sempurna.

Kondisi itu bisa membuat asam lambung naik. “Esophageal clearance (pembersihan kerongkongan setelah makan) tidak sempurna, asamnya naik, tentu saja terjadi gerd , sfingter juga tidak menutup dengan kencang dan sempurna.”

Kenaikan asam lambung yang sering terjadi, akibat kebiasaan langsung tidur setelah makan, dapat mengakibatkan radang atau kerusakan sel-sel pada kerongkongan maupun faring.

Dalam jangka panjang, kondisi itu bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, suara berubah dan paling bahaya bisa menimbulkan serangan asma.

Maka dari itu, setelah makan akan lebih baik jika kita duduk tegak atau berdiri dan jangan tiduran  apalagi tidur Dampak buruk kedua dari tidur atau tiduran  setelah makan adalah bertumpuknya lemak di tubuh.

Jika setelah makan anda langsung tidur, maka kalori yang dikonsumsi akan menjadi lemak. Kondisi ini tentu berbahaya bagi penderita diabetes dan kolesterol tinggi.

“Kalau habis makan langsung tidur bisa dibayangkan, kadar gula darah akan melonjak tinggi dan tidak baik untuk penderita diabetes maupun penyakit metabolik lainnya,” papar Annisa.

Serta kurang bagus bagi mereka yang ingin menurunkan bera badan Maka dari itu, dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik ringan setelah makan, seperti, menggerakkan tangan, jalan kaki, dll Setelah dua jam melakukan aktivitas ringan barulah kamu bisa melakukan aktifitas berat lainnya.

Penulis : Ita Mustafa , Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

Jokowi Ucapkan Selamat Jumat Agung: Di Balik Pengorbanan Ada Kemudahan

Tim Kontributor

Antisipasi Libur Idul Adha, Penyekatan PPKM Darurat Ditambah Jadi 998 Titik

Tim Kontributor

Pentingnya menempuh pendidikan di perguruan tinggi agar menjadi generasi yang cerdas di massa depan

penulis

Leave a Comment