Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Sangat Mengkhawatirkan JK: Kawan Kita yang Satu itu Marah Terus, Debat Bisa Ditonjok Kepala Negara Lain

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) berdialog dengan para pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Jawa Timur sekaligus calon wakil ketua nomor urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Namira. Hotel, Surabaya, Rabu (1 Oktober).

Dalam kesempatan tersebut JK menyebutkan, kepemimpinan harus memiliki sifat yang sama dengan teladan Nabi Muhammad SAW.

“Kami di sini tidak mengeklaim AMIN yang paling Islami, semuanya (Paslon) Islam. Intinya memilih yang terbaik, harus ada pengetahuan, harus amanah, tabligh, paling baik siapa, paling amanah siapa, itu saja pegangannya. Karena kita kan harus mengikuti ilmu Rasulullah,” kata JK kepada puluhan pengusaha yang hadir.
JK juga menyampaikan bahwa seorang pemimpin diibaratkan seperti seorang sopir. Jika tidak bisa mengendalikan emosi, kendaraannya bisa celaka.
“Kalau pilih sopir, jelas yang tau arah, tidak suka marah-marah. Kalau marah-marah bisa-bisa menabrak nanti,” ucapnya.
Kemudian, JK seperti menyinggung seorang pemimpin yang suka marah-marah. Sifat tersebut, kata dia, bisa berbahaya untuk negara.
“Kalau kawan kita yang satu marah terus. Bagaimana kira-kira negara dipimpin oleh orang yang suka marah? Bagaimana kira-kira kalau dia berdebat dengan kepala negara lain? Bisa ditonjok kepala negara lain,” katanya.
Seusai acara itu, JK kembali menegaskan bahwa seorang pemimpin harus memiliki ketenangan.
“Pemimpin harus tenang, memiliki gagasan, jangan emosional, karena persoalan bangsa ini banyak, kalau tidak tenang pemimpin kita, tentu tidak baik. Tentu pemimpin jangan emosional,” ujarnya.
Disarikan Oleh ARS

Related posts

Koalisi Perubahan Tetap Solid, Walaupun Johnny Plate Jadi tersangka Kasus BTS 4G

Tim Kontributor

Etik Prabowo Dengan Ucapan Ndasmu Dinilai Pengamat Sarkas dan Provokatif

Tim Kontributor

Kubu KLB Tantang PD AHY Buktikan Moeldoko Pernah Coba Rebut Golkar-PAN!

Tim Kontributor

Leave a Comment