Faktual.id
RAGAM INFO Traveling

PESONA INDAHNYA AIR ASOL

Air Asol terletak di Desa Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Nama Air Asol ini sudah ada sejak dahulu kala. Air Asol ini berasal dari kaki gunung tertinggi di Pulau Haruku yaitu gunung Urwano. Sumber Air Asol berjalan di perut bumi dalam tanah yaitu kurang lebih 10 km ke bawah perut bumi. Air Asol Sumbernya dari dalam tanah dan mengalir ke arah pantai di perkampungan Desa Oma.

Suhu air asol tidak tetap, jadi kalau kita liat dari jangka waktu siang hari Air Asol ini sedikit dingin, mengapa dikatakan dingin ? karena tidak terjadi kelembaban dan terkena pantulan sinar matahari. Kalau kita liat di waktu malam hari air asol ini menjadi hangat,mengapa dikatakan hangat ? karena pada malam hari terjadi penguapan dari perut bumi yang tertumbuk dengan udara malam dan lembab. Jika musim kemarau panjang Air Asol tidak akan kering.

Ada 4 keunikan dari Air Asol ini yaitu ada kolam untuk mandi laki-laki, ada kolam untuk mandi perempuan, ada kolam untuk mencuci, dan ada kolam untuk di minum. Seiring berjalannya waktu Air Asol yang hanya sebagian kali kecil sekarang sudah dibuat seperti kolam renang dengan dinding dan dasarnya menggunakan Tehel sehingga merupakan satu Destibasi Wisata di Desa Oma.

 

Sarah Novia Kaihatu Mahasiswa STISIP WIDURI

 

Related posts

Disorot WHO! Mobilitas Naik Seperti Sebelum Pandemi

Tim Kontributor

Jaksa KPK Dilaporkan karena Taruh Bendera ‘HTI’ di Meja Kerja

Tim Kontributor

Masih Tinggi! Kasus COVID 10 Juli di RI Tambah 35.094, Kematian 826

Tim Kontributor

Leave a Comment