Faktual.id
RAGAM INFO

Pertemuan Tatap Muka Tetap Diberlakukan Meskipun Perpanjangan PPKM Level 2

Pemerintah pusat memutuskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta berada di level 2 berlaku 18-4 Januari 2022. Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2022. Adapun aturan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka diatur dalam diktum kelima huruf a. Dalam diktum disebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri sebelumnya.

“Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri,” tulis Inmendagri.

Karena masih berdasarkan SKB 4 Menteri, DKI Jakarta diizinkan untuk menggelar belajar tatap muka dengan kapasitas 100 persen siswa. SKB 4 Menteri yang dimaksud bernomor 05/KB/2021 dari Kemendikbud, Nomor 1347 Tahun 2021 dari Kementerian Agama, Nomor HJ.01.08/Menkes/6678/2021 dari Kementerian Kesehatan dan Nomor 443-5847 tahun 2021 dari Kementerian Dalam Negeri.

Untuk daerah dengan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 dan 2 bisa menggelar belajar tatap muka 100 persen. DKI Jakarta saat ini berstatus PPKM level 2 dan bisa menggelar PTM 100 persen.

Selain syarat level PPKM, SKB 4 Menteri juga menyebutkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan mencapai 80 persen. Syarat tersebut berhasil dicapai DKI sebelum aturan tersebut dibuat. Begitu juga syarat capaian vaksinasi Covid-19 dosis dua pada lansia di wilayah DKI Jakarta harus mencapai di atas 50 persen. DKI disebut sudah memenuhi syarat itu.

Menurut SKB 4 Menteri tersebut, DKI Jakarta bisa mengurangi julmlah siswa yang mengikuti PTM menjadi 50% apabila status PPKM naik menjadi level 3. Sedangkan, untuk menghentikan pembelajaran tatap muka secara total, PPKM di Jakarta harus berstatus level 4, seluruh pembelajaran dialihkan kembali menjadi jarak jauh. Disarikan Oleh MSLP
Sumber

Related posts

Berikut 6 Fakta Komika Coki Pardede Sebelum Ditangkap Polisi

Tim Kontributor

Mba You Meninggal, Peramal Yang Bisa Melihat Masa Depan

Tim Kontributor

Pemprov DKI Terapkan PTM 100% Mulai Hari Ini

Tim Kontributor

Leave a Comment