Faktual.id
RAGAM INFO

Perihelion dan Aphelion 2022

Pada tanggal ini, 4 Januari 2022, Bumi berada di titik perihelion atau jarak terdekatnya dari Matahari. Apa itu perihelion dan apa dampaknya?

Selain istilah perihelion, ada juga aphelion. Perihelion dan aphelion menggambarkan titik-titik yang berbeda dalam orbit Bumi terhadap Matahari.

perihelion adalah titik orbit Bumi yang paling dekat dengan Matahari, sedangkan aphelion berarti adalah titik orbit Bumi yang terjauh dari Matahari. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani Kuno, di mana helios berarti “Matahari”, apo berarti “jauh”, dan peri berarti “dekat”.

Perihelion dan aphelion terjadi karena orbit Bumi tidak melingkar sempurna saat mengelilingi Matahari, melainkan elips.

Di tahun 2022, Bumi berada di perihelion pada 4 Januari pukul 01.52 AM Eastern Time (13.52 siang WIB). Sedangkan aphelion terjadi pada 4 Juli pukul 03.10 AM Eastern Time (15.10 siang WIB).

Tahun ini, Bumi akan berada pada jarak 91.406.842 mil dari Matahari di perihelion dan 94.509.598 mil dari Matahari di aphelion.

Perihelion selalu terjadi di awal Januari, yaitu sekitar dua minggu setelah Solstis Desember. Sedangkan aphelion selalu terjadi di awal Juli, sekitar dua minggu setelah titik balik Matahari Juni (Solstis Juni).

Dampak perihelion dan aphelion

Mengutip In The Sky, secara teknis, perihelion menandai momen ketika Matahari tampak lebih besar di langit daripada waktu lainnya dalam setahun, dan waktu di mana Bumi menerima radiasi paling banyak. Namun dalam praktiknya, perbedaan 3% dalam jarak Bumi dari Matahari hampir tidak terlihat.

Karenanya, perihelion dan aphelion tidak berdampak pada perubahan musim, atau membuat Bumi menjadi lebih panas atau lebih dingin seperti rumor yang banyak beredar. Cuaca di Bumi sepenuhnya disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi Bumi, bukan oleh perubahan jarak Bumi dari Matahari.

Musim terjadi karena poros Bumi miring. Itu karena Bumi mengorbit Matahari dengan kemiringan sehingga planet kita mendapat lebih banyak atau lebih sedikit sinar Matahari langsung pada waktu yang berbeda dalam setahun. Disarikan Oleh MSLP
Sumber

Related posts

Diam-diam, China Lockdown

Tim Kontributor

Pembunuhan Chef Fiky di TPU Kober Jaksel

Tim Kontributor

Ma’ruf Amin Prediksi Herd Immunity COVID-19 Tercapai Pertengahan 2022

Tim Kontributor

Leave a Comment