Faktual.id
EKONOMI

Pemberdayaan Usaha Online untuk Mahasiswa

Dalam masa krisis ekonomi global yang yang hampir terjadi di semua belahan dunia. Sudah jadi barang tentu hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia.  Pemerintahpun mencoba mengatasi hal tersebut dengan berbagi cara. Dari mulai segera mengambil keputusan dan tindakan guna menyelematkan perekonomian Indonesia. Diantaranya langkah yang diambil adalah:

  1. Percepatan pengobatan
    Hal yang paling utama Pertama yang perlu dilakukan pemerintah ialah mempercepat pengobatan dan pencegahan penularan yang lebih luas. Meskipun akan mempunyai dampak dan konsekuensi pembengkakan defisit anggaran, sejalan dengan pendapatan APBN yang juga turun tajam, memang akan membebani pemerintah. “Namun, perhitungan kemanusiaan semestinya harus lebih dikedepankan dibandingkan dengan kalkulasi ekonomi yang masih dapat ditanggulangi sejalan dengan pulihnya ekonomi masyarakat,” jelasnya
    2. Penurunan tarif listrik dan BBM
    Pemerintah juga menerapkan penurunan tarif listrik dan BBM untuk menjaga daya beli masyarakat sebagai dampak perlambatan perputaran roda ekonomi, pemerintah dituntut untuk dapat mengurangi beban biaya yang secara langsung dalam kendali pemerintah, diantaranya tarif dasar listrik, BBM, dan air bersih. Dan kebijakan pemerintah ini juga membebani keuangan BUMN dan BUMD
  2. Relaksasi pajak
    Pemerintah yang melakukan relaksasi Pajak Penghasilan baik pekerja industri manufaktur (penghapusan PPh 21 selama enam bulan) ataupun pajak badan untuk industri manufaktur (pembebasan PPh Impor 22 dan diskon PPh 25 sebesar 30%). Pasalnya, perlambatan ekonomi saat ini tidak hanya dirasakan oleh sektor industri manufaktur, tetapi juga sektor-sektor lainnya.
    4. Pemberian BLT
    Langkah lain yang diambil pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat bawah dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan dan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja.5. Jaga pasokan dan distribusi bahan pangan
    Tak hanya BLT yang di berikan oleh pemerintah. Bantuan perlu didukung oleh kebijakan untuk menjamin kelancaran pasokan dan distribusi barang khususnya pangan.
    5. Pemberian relaksasi kredit UMKM
    Sebuah jasa keuanganpun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta untuk memberlakukan kebijakan yang mendorong lembaga keuangan untuk melakukan rescheduling dan refinancing utang-utang sektor swasta, selain untuk UMKM, juga untuk usaha-usaha yang menghadapi risiko pasar dan nilai tukar yang tinggi.
    6. Buat kebijakan baru
    Dalam hal lain pemerintah juga membuka peluang untuk membuat terobosan kebijakan baru. Di sisi fiskal, opsi pelebaran defisit anggaran melebihi yang batas yang ditetapkan Undang-Undang Keuangan Negara diperlukan di tengah semakin banyaknya kebutuhan belanja negara untuk memberikan insentif kepada perekonomian.

Dengan kondisi perekonomian yang sedang cenderung merosot kebawah akibat dari pandemi covid19 disemua aspek dan bidang usaha. Ada baiknya sebagai mahasiswa Widuri Ilmu Komunikasi mencoba untuk membuka peluang bisnis guna mendapatkan tambahan pendapatan. Dengan bekal ilmu yang didapat di perkuliahan yakni Teori Komunikasi Massa pradigma baru yakni dengan media baru. Media baru merupakan bagian dari alat komunikasi massa pradigma baru,yaitu dari kemajuan teknologi internet. Seiring dengan kemajuan teknologi, media baru dapat dijadikan lahan untuk melakukan usaha. Seperti ; usaha perdagangan,usaha jasa, dan beberapa usaha lain yang dapat dilakukan. Sebagai mahasiswa dapat menjadikan kegiatan yang menghasilakan pendapatan dengan mengandalankan alat komuniasi massa yang di milikinya. Dan tanpa mengurangi semangat dan perkulihan yang sedang menggunakan perkuliahan daring,mahasiswa Widuripun dapat melakukan usaha yang mendapatakan penghasilan seperti:

 

  1.  Menjadi Dropshipper

Sebuah kegiatan usaha dropshipper adalah agen atau penjual yang menjual kembali produk  dari supplier, distributor atau pemilik toko online tetapi tidak memiliki produk sendiri untuk dijual melainkan menjual barang atau produk milik orang lain dengan persetujuan si pemilik barang. Untuk melakukan usaha dropshipper tidak memerlukan modal hanya cukup bermodalkan kuota internet untuk menawarkan serta memasarkan barang berdasarkan informasi dari supplier, distributor atau pemilik toko online.

  1. Menjadi penulis lepas

Kgiatan lain pun dapat dilakukan untuk mahasiswa yang mempunyai gemar menulis dapat melakukan penulisan lepas bisa menjadi peluang sangat mengisi waktu luang selama pandemic. Apabila tulisannya dimuat, tentu saja akan menghasilkan uang tambahan untuk para mahasiswa.

  1. Usaha Online

Usaha Online yang sebelum adanya pandemi memang sudah banyak dilakukan. Pada  bisnis online memang sudah menjadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang mudah dan fleksibel yaitu transaksi bisa melalui  transfer atm, dan dapat melakukan jualan dan belanja dengan tidak harus keluar rumah.

:

  1. Usaha makanan beku (Frozen Food)

Dengan diterapkannya PSBB (Pemabatasan Bersekala Besar) oleh pemerintah akibata adanya pendemi covid 19, maka hampir disemua sektor kegiatan ekonomi dibatasi. Dan penerapan PSBB justru membuat usaha makanan menjadi utama dalam kebutuhan masyarakat.

  1. Usaha Penjualan Masker dan Hand sanitizer

Dengan adanya pendemi covid 19,maka protokoler kesehatan harus di jalankan. Dengan penerapan 3 M (mencuci tangan,memakai masker, menajuhi kerumunan) . Penggunaan masker diwajibkan. Dengan adanya peraturan wajib penggunaan masker,maka bisnis maskerpun dapat dijadikan lahan untuk mencari uang tambahan bagi Mahasiswa Widuri.

  1. Usaha Penjualan Paket atau Pulsa

Dalam penerapan PSBB maka dimasa pandemi ini, muncul juga peraturan pemerintah akan work from home, belajar atau bekerja dari rumah. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan internet menjadi meningkat. Maka penjualan pulsa atau paket data internet dapat dijadikan lahan untuk tambahan pendapatan.

 

Sebagai mahasiswa tentu sangat diharapkan dapat menerapkan semua disiplin ilmu yang didapat di perkuliahan. Meski dalam kondisi yang sulit akibat pandemi covid 19, setidaknya usaha untuk mencari tambahan pendapatan dapat dilakukan.

Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Managemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”. aris w/MMD3

 

Karegori : Ekonomi

Related posts

KEMBALINYA DEMOSTRAN MAHASISWA TOLAK OMNIBUSLAW

Tim Kontributor

Akibat Virus Corona, Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan

Tim Kontributor

Bayar Uang Kuliah Dengan Dompet Digital Memudahkan Mahasiswa

Tim Kontributor

Leave a Comment