Faktual.id
RAGAM INFO

Patung Jokowi Naik Motor Bakal Mejeng di Mandalika

Patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) berukuran raksasa tengah dibuat oleh seniman asal Bandung Barat, Nyoman Nuarta. Di galeri miliknya, Nyoman membuat patung Jokowi yang sedang mengendarai sepeda motor.
Dilihat detikcom, Nyoman membuat patung Jokowi dengan sepeda motor yang biasa digunakan yakni Kawasaki W175 custom dengan tulisan RI-1. Jokowi dalam patung itu juga dibuat menggunakan jaket bertema G20.

“Spesifikasi tinggi (patung) itu kisaran 3,6 meter, panjang dengan angin-angin 6 meter dan akan ditaruh di base patung 4 meter. Beratnya kurang lebih 3 ton,” kata Nyoman Nuarta saat ditemui detikcom, Jumat (11/2/2022).

Menurut Nyoman patung Jokowi itu pertama kali dikerjakan kurang dari 1 bulan. Saat ini Nyoman terus mengkebut pengerjaan patung tersebut. Pasalnya patung Jokowi itu bakal dipajang untuk menyambut Moto GP Mandalika pada Maret 2022 mendatang.

“Karena di perjalanan bisa sampai 1 minggu karena ombak besar segala macam belum tentu sampai di Mandalika tepat waktu. Makanya kita kebut ini supaya nanti bisa kita pasang sebelum Moto GP mulai. Jadi orang-orang bisa nonton Moto GP dan presiden naik motor,” ungkapnya sambil tersenyum.

Untuk bahannya sendiri patung Jokowi tersebut menggunakan material nanti karat. Pasalnya patung tersebut nantinya akan dipajang di lokasi yang tak jauh dari area pantai.

“Bahannya ini karena di pinggir laut kan, pasti mudah karatan jadi saya pakai rangka stainless steel yang anti karat, tembaga dan kuningan. Itu 3 material yang semuanya anti karat,” jelasnya.

Untuk warna, patung Jokowi itu nantinya akan diberi warna hijau kebiruan. Nyoman memiliki alasan sendiri mengapa memberikan sentuhan warna itu untuk patung Jokowi.

“Warnanya nanti akan kehijauan biru gitu, kenapa warna itu karena ini ada di pinggir laut dan umumnya akan mengeluarkan warna seperti itu. Kalau hitam misalnya, kelamaan akan kotor,” pungkasnya.

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Edy Mulyadi Penuhi Panggilan Polisi

Tim Kontributor

Virus Omicron Terdeteksi Setelah Karantina 10 Hari

Tim Kontributor

Harapan Terakhir Orangtua

Tim Kontributor

Leave a Comment