Faktual.id
RAGAM INFO

Kebiasaan Menyeruput Secangkir Kopi Hitam di Pagi Hari

Sejumlah orang punya kebiasaan menyeruput secangkir kopi hitam hangat di pagi hari. Minum kopi di pagi hari membuat mereka segera terjaga dan segera siap menjalani hari. Kabar baik bagi pecinta kopi hitam, mengonsumsi minuman berkafein ini ternyata memiliki dampak positif untuk tubuh.

Melansir Healthline, seduhan kopi mengandung antioksidan dan mineral penting. Di antaranya riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin. Dengan beragam nutrisinya, berikut sederet manfaat kopi untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan fungsi otak Manfaat minum kopi di pagi hari yang sayang boleh dilewatkan adalah meningkatkan fungsi otak. Kopi mengandung kafein yang bersifat stimultan. Artinya, kafein segera terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang minum kopi. Dampaknya, minum kopi dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, kewaspadaan, fokus, sampai kemampuan merespons sesuatu.
  2. Membantu membakar lemak Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu membakar lemak. Kafein merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar segera memecah lemak di tubuh. Penelitian menunjukkan, minum asupan berkafein dapar meningkatkan laju metabolisme yang berperan dalam membakar lemak sebanyak 3-11 persen. Studi lain mengungkapkan, efek kafein dalam membantu membakar lemak lebih efektif pada orang kurus ketimbang orang gemuk. Namun, ada kemungkinan efek membantu membakar lemak ini tidak manjur bagi peminum kopi jangka panjang.
  3. Meningkatkan kapasitas kinerja fisik Manfaat minum kopi di pagi hari juga bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja fisik sampai 12 persen. Asupan berkafein seperti kopi meningkatkan adrenalin dalam darah. Sehingga, tubuh lebih siap beraktivitas fisik intens. Hal itu dipengaruhi efek kafein yang dapat memecah lemak di tubuh. Dampaknya, tubuh jadi memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak. Anda yang ingin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik intens disarankan minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya.
  4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 Penyakit diabetes tipe 2 ditandai dengan peningkatan kadar gula darah karena berkurangnya kemampuan tubuh mengeluarkan insulin. Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Kabar baiknya, studi menyebut orang yang rajin minum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah ketimbang kalangan bukan peminum kopi.
  5. Mencegah penyakit alzheimer dan parkinson Orang tua berusia di atas 65 tahun berisiko terkena penyakit saraf degeneratif seperti alzheimer dan parkinson. Penyakit tersebut belum ada obatnya. Namun, penyakit saraf degeneratif ini dapat dicegah dengan menjaga pola makan sehat, rajin olahraga, dan minum kopi. Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang rajin minum kopi memiliki risiko penyakit alzheimer lebih rendah 65 persen ketimbang bukan peminum kopi. Studi lain juga mengungkapkan, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko penyakit parkinson lebih rendah 32-60 persen daripada bukan peminum kopi. Disarikan Oleh MSLP

Sumber

Related posts

Cinta Laura Memutuskan Bahwa Setelah Menikah Tidak Akan Memiliki Anak

Tim Kontributor

Bundaran Waru Macet Akibat Motor Lawan Arah Jalan Tol

Tim Kontributor

Menurut Maggie Antara Virus Dan Ancaman Zombie

Tim Kontributor

Leave a Comment