Faktual.id
Bisnis EKONOMI POLITIK Politik Luar Negeri

Menko Maritim: Ekonomi Kita Tidak Berkiblat Ke AS Ataupun China

SURABAYA – Perang dagang antara Amerika Serikat dan China tidak lain disebabkan begitu luar biasanya perkembangan ekonomi negeri tirai bambu. Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, salah satu faktor kebangkitan ekonomi China karena banyak tumbuh usaha kecil kemasyarakatan atau UMKM.

“Perkembangan China ini sangat luar bisa. Mengapa? Karena UMKM di sana begitu berkembang dan kita pun belajar dari China,” ujar Luhut dalam Seminar Nasional bertema Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital di Sheraton Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019).

Pada tahun 2000, kata Luhut, China berada pada peringkat kelima dan terus meningkat pada 2017 berada di peringkat kedua ekonomi dunia. Keberhasilan China dalam membangun ekonomi melalui UMKM, lanjutnya, menjadi salah satu pelajaran penting bagi Indonesia di mana memilii lebih banyak potensi UMKM untuk dikembangkan.

Hanya saja, dia menegaskan, belajar dari bagaimana China berkembang tetap tidak mengubah arah pembangunan bangsa yang mandiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada. “Presiden Jokowi sudah mengatakan bahwa ekonomi kita tidak berkiblat ke AS ataupun ke China, kita harus bisa membangun ekonomi kita sendiri,” tegas Luhut.

Seminar tersebut digelar dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional Jawa Timur 2019 yang menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah.

 

Related posts

Berada di Kawasan Rawan Bencana Merapi, 241 Warga Boyolali Mengungsi

Tim Kontributor

Maju Jadi Caleg 2024, Viktor Laiskodat Mundur Dari Gubernur NTT.

Tim Kontributor

Harga BBM Naik , Dealer Motor Listrik Di Serbu Pembeli

Tim Kontributor

Leave a Comment