Faktual.id
EKONOMI

Menghidupkan Ekonomi Kampus

Keberadaan sebuah universitas atau institut atau lebih dikenal dengan sebutan kampus di suatu daerah tertentu memiliki manfaat dalam mengangkat kondisi perekonomian masyarakat sekitar. Keberadaan kampus di suatu wilayah tertentu, akan mengundang kedatangan mahasiswa dari dalam ataupun dari luar kota dalam rangka menempuh studi. Mereka yang berasal dari kota-kota sekitar dimana lokasi kampus berada hingga mereka yang berasal dari luar pulau berkumpul menjadi satu di sebuah tempat secara bersama-sama. Hal ini merupakan sebuah situasi yang strategis bagi orang-orang sekitar kampus dalam menawarkan beragam kebutuhan kepada para mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di kampus tersebut.

Hampir bisa dipastikan bahwa lingkungan sekitar kampus akan banyak dijumpai orang-orang yang menjajakan barang dagangannya. Ekonomi masyarakat sekitar kampus menjadi hidup dengan keberadaan potensi pasar yang cukup besar, yaitu para mahasiswa. Selera, kebutuhan, dan keinginan mahasiswa yang jumlahnya bisa mencapai ribuan tersebut tentu adalah pangsa pasar yang amat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sehingga tidak mengherankan kalau begitu banyak usaha berjenis sama yang bermunculan di daerah sekitar kampus.

Salah satu contohnya ialah pedagang makanan di kantin sedangkan pedagang kantin yang lain masih tetap ramai. Saya belum menjumpai bahwa keberadaan kantin yang  lain ditinggal para pengunjungnya dan beralih. Begitupun dengan kantin yang lain, tidak serta merta sepi pengunjung. Kondisi serupa mungkin tidak akan jauh berbeda apabila dibandingkan dengan jenis-jenis usaha lain yang beroperasi di sekitar lingkungan kampus, namun dengan satu catatan bahwa harga yang ditawarkan relatif terjangkau oleh mahasiswa. Istilah katanya harga mahasiswa.

” Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Helmilia Putri Adelita/MMD5

Related posts

ini dia bisnis yang cocok untuk mahasiswa

penulis

PT. Asuransi Jiwa Kresna Gagal Bayar, Kuasa Hukum Nasabah AC Siap Menggugat

Kontributor

Bioskop Bakal Hadir Kembali di 6 Kota Indonesia, Jakarta Kapan?

Tim Kontributor

Leave a Comment