Faktual.id
Investasi

Manfaatkan Usia Mudamu dengan Berinvestasi

Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan atau aset dengan nilai yang tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Namun di zaman milenial ini belum banyak yang akrab dengan investasi, karena diantaranya mereka masih berat meninggalkan gaya hidup yang tinggi seperti berbelanja, hingga nongkrong di cafe. Hal itu membuat kesadaran untuk berinvestasi di usia muda menjadi rendah. Padahal untuk memulai investasi tidak selalu dengan modal yang besar, cukup dengan 10-100 ribu saja sudah bisa investasi tergantung jenis investasinya. Dengan investasi yang tepat walaupun hanya dengan modal yang kecil, kalian udah bisa merasakan manfaatnya dikemudian hari.

Dengan memiliki tabungan atau asset dapat membantu anda untuk menghadapi ketidakpastian yang akan terjadi dimasa mendatang. Berikut merupakan alasan mendasar anda harus berinvestasi sedini mungkin :

  1. Menciptakan Gaya Hidup Hemat

Jika anda berinvestasi, maka anda akan berusaha mengalokasikan uang untuk hal-hal yang penting saja. Pada hal itu akan membuat anda menjadi pribadi dengan pola hidup yang hemat dan jika seseorang berkomitmen berinvestasi dengan rutin akan terhindar dari utang piutang.

  1. Menciptakan Pribadi yang Disiplin

Usia muda adalah usia yang dipenuhi dengan hiburan, maka tak jarang jika uang yang kita miliki berubah menjadi kesenangan hati dan hiburan belaka, akhirnya anda akan merasakan yang anda dapatkan terbuang sia-sia. Lain halnya ketika anda memutuskan untuk berinvestasi, karena uang-uang yang anda investasikan akan anda tuai di kemudian hari. Selain itu, anda akan merasa lebih disiplin karena setidaknya anda telah menyisihkan sebagian uang untuk di investasikan. Jika hal itu terus berlanjut pada diri anda, menandakan bahwa rasa disiplin telah tumbuh pada diri anda.

  1. Memiliki Jaminan di Masa Depan

Dengan berinvestasi, maka anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat anda sudah tidak produktif. Karena anda memiliki sesuatu untuk dijadikan pegangan untuk memenuhi kebutuhan mendadak anda. Itulah alasan pentingnya berinvestasi di usia muda bisa dijadikan jaminan di masa depan/hari tua.

  1. Mewujudkan Impian Jangka Panjang

Usia muda biasanya memiliki keinginan yang banyak seperti ingin memiliki rumah, menikah, mempunyai mobil dll. Semua akan terwujud jika anda mulai berinvestasi di usia muda. Karena usia muda merupakan usia yang produktif, dimana usia ini anda juga masih belum terbebani dengan hutang, kebutuhan rumah tangga, keperluan istri, keperluan anak dll.

Di usia muda, anda akan lebih terbebas menggunakan uang untuk sesuatu yang bersifat kebutuhan saja. Lain halnya jika sudah menikah dan memiliki tanggungan, mungkin akan berfikir puluhan kali untuk belajar berinvestasi. Dapat disimpulkan jika anda berinvestasi sedini mungkin, akan membantu untuk mewujudkan tujuan dan mimpi anda dimasa mendatang.

 

Penulis : Fatima Aprilia W, Mahasiswi STISIP WIDURI

 

 

Related posts

Peran Penting perencanaan karir Bagi karyawan

Tim Kontributor

Jangan Asal Ikut-Ikutan, Pahami Ini Dulu Sebelum Bermain Saham

Tim Kontributor

Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemic Diharapkan Dimulai Dari Kampus

penulis

Leave a Comment