Faktual.id
RAGAM INFO

Manfaat Jamur pada Tubuh

Jamur tak hanya enak dimakan, jamur juga memiliki banyak khasiat kesehatan untuk tubuh termasuk bisa meningkatkan sistem imun. Berbicara mengenai variannya, ada puluhan jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi.

Seperti enoki, jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing, jamur morel, jamur shitake dan masih banyak lagi. Jamur cukup mudah dibudidayakan. Itulah mengapa, banyak rumah-rumah yang menanam jamur tiram untuk dikonsumsi sendiri.

Masing-masing varian bisa dimasak menjadi aneka resep yang menggiurkan. Seperti dibuat campuran sup, disate, digoreng crispy, hingga dibuat keripik untuk kudapan. Lantas bagaimana nutrisi dalam jamur? Beberapa studi mengatakan jika makanan berwarna putih tak mengandung banyak nutrisi. Namun tak begitu dengan jamur.

Dilansir dari Web MD, jamur membawa banyak kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, vitamin D, folat, potasium, fiber, antioksidan dan senyawa-senyawa lainnnya.

Dilansir dari Goodnet, berikut ini adalah beberapa manfaat jamur untuk kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan sistem imun

Jamur memiliki anti peradangan yang bisa digunakan untuk mendongkrak sistem imun tubuh kita.

Jamur bisa mendorong sel-sel tubuh dalam memerangi virus, bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan penyakit. Jadi ketika pandemi mewabah, tak ada salahnya Anda sering-sering mengonsumsi jamur.

Ketika flu datang, buatlah sup jamur yang hangat dan bisa menyehatkan tubuh.

  1. Memperbaiki ingatan

Menurut studi, hanya dengan mengonsumsi jamur dua kali seminggu saja, Anda sudah bisa mencegah perlambatan sel-sel termasuk sel dalam otak yang mengatur memori. Dalam studi tersebut didapatkan fakta bahwa zat antioksidan dalam jamur bisa mencegah proses penuaan yang ada pada sel-sel organ dalam tubuh, termasuk pada otak.

  1. Menurunkan gula darah

Jamur adalah sahabat para penderita diabetes. Hal ini lantaran dalam jamur terdapat serat pangan yang bisa menstabilkan level gula dalam darah. Dalam satu cangkir jamur mentah saja terdapat 1 gram serat, angka yang cukup tinggi untuk menyehatkan tubuh. Jika Anda mengonsumsinya rutin, jamur bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes yang sudah cukup kronis.

  1. Menurunkan risiko terkena kanker

Antioksidan dalam jamur juga bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker tertentu, seperti misalnya kanker paru. Selain kanker paru, jamur juga efektif digunakan untuk menurunkan risiko serangan kanker payudara. Hal ini tertuang dalam sebuah studi yang sudah ditayangkan lepas di Advances of Nutrition.

  1. Menyehatkan jantung

Selain mengandung banyak vitamin, jamur juga mengandung potasium dalam jumlah cukup besar. Potasium sendiri dikenal bisa menurunkan angka sodium dalam tubuh sehingga bisa menurunkan pula tegangan aliran darah dalam pembuluh darah. Ketika aliran darah lancar, maka tekanan darah pun akan cenderung stabil atau rendah. Hal ini tentu saja baik bagi jantung, tak merisikokan jantung terkena berbagai gangguan kesehatan. Seperti buah dan sayuran lain, jamur kaya nutrisi dan bisa digunakan untuk menyehatkan tubuh.  Jadi tak ada salahnya jika mulai sekaranga Anda mengonsumsi jamur lebih rutin dan kontinyu agar imun tubuh stabil dan jantung selalu sehat.

Sumber

Related posts

Ini Dia Penjelasan Mengenai Masker Saat Olahraga

Tim Kontributor

Evakuasi Trigana Air di Halim Perdanakusuma, Badan Pesawat Dipotong

Tim Kontributor

Korban Keracunan Massal di Suka Bumi Sebanyak 89 Orang

Tim Kontributor

Leave a Comment