Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Komika Stand Up Comedy Dilaporkan Ke Polisi Setelah Me-roasting Anggota DPR

Jakarta-, Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh anggota DPR dari Partai NasDem Hillary Brigitta Lasut. Hillary merasa nama baiknya dicemarkan Mamat saat menghadiri sebuah sesi bincang atau talkshow pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Dalam acara itu Mamat melakukan roasting kepada para tamu acara, termasuk Hillary Brigitta Lasut.

Apa itu roasting?
Stand up comedy salah satu bentuk pertunjukan komedi yang dilakukan secara monolog oleh seorang komika atau komedian tunggal. Mengutip Creative Stand Up, materi stand up comedy monolog yang bersumber dari pengamatan, keresahan, maupun opini dari komika.

Stand up comedy berkembang mempunyai berbagai jenis teknik komedi, salah satunya roasting. Gaya komedi roasting makin populer digunakan para komika saat ini.

Kata roasting dalam Bahasa Inggris berarti memanggang, kemudian diadopsi ke dalam stand up comedy yang dipahami menjadi sindiran. Mengutip publikasi Hukum Perbuatan Roasting Dalam Stand Up Comedy Ditinjau Berdasarkan Ketentuan Syari’at Islam, roasting tradisi komedi Amerika Serikat pada 1950-an.

Komedi bergaya roasting dilakukan sebagai bentuk apresiasi tertinggi dari seorang komika kepada objek yang dituju. Secara detail seorang komika dituntut untuk mencari tahu latar belakang, kegiatan atau hal-hal yang dianggap aneh dan lucu dari objek yang menerima roasting.

Biasanya dalam acara stand up comedy, komika melakukan roasting kepada komedian lain, dewan juri, atau tokoh pejabat terkenal.

Dasarnya roasting usaha untuk memanas-manasi orang lain. Namun, unsur materi dalam roasting ini dalam batas komedi atau lelucon belaka. Roasting dalam stand up comedy erat kaitannya dengan kritik terhadap fenomena sosial yang berhubungan dengan tokoh tertentu yang menjadi objek.

Mengutip publikasi Penyampaian Kritik Sosial terhadap Pejabat Negara Indonesia Melalui Roasting Stand Up Comedy Kiky Saputri di Kanal YouTube Stand Up Kompas TV dan BUMN Muda, referensi topik roasting stand up comedy diambil dari berbagai fenomena sosial yang menjadi perhatian khalayak ramai atau mengenai ketimpangan sosial di sekitar.

Saat ini humor dalam roasting menjadi sarana kritik sosial. Bukan hanya sarana hiburan untuk melepaskan beban psikis melalui komedi. Kritik sosial hasil perhatian masyarakat yang peduli terhadap peristiwa maupun keadaan. Itu terbukti dalam berbagai kontes komedi. Roasting selalu menjadikan fenomena atau peristiwa sosial yang menarik untuk dijadikan bahan dalam membuat humor.

Sumber

 

Disarikan Oleh : RS

 

Related posts

Ikrar: Masa 1 Negeri Dikalahkan 1 Keluarga?

Tim Kontributor

Tegas dan Transparan Saat Memberi Sanksi Pada Pelanggar Karantina

Tim Kontributor

Demo Buruh di Depan DPR Akan Dimulai

Tim Kontributor

Leave a Comment