Faktual.id
POLITIK Politik Dalam Negri

Jokowi Sebut Jadi Capres Harus Kuat Dan Berani Di Acara Musrah.

Presiden Jokowi tidak menyebut nama Ganjar Pranowo selaku bakal capres pilihannya dikala berpidato berapi- api diacara puncak Musyawarah Rakyat( Musra) Indonesia.Sementara itu Ganjar merupakan bakal capres PDIP, partai yang sama dengan Jokowi. Orang no satu di Indonesia itu malah menyebut sosok kokoh serta pemberanilah yang bakal jadi suksesornya.Laki- laki yang sering disebut- sebut selaku king maker pada Pilpres 2024 itu memanglah tidak menyebut satupun nama dalam pidatonya.

Namun dia berulang- ulang mengatakan kriteria sosok pilihannya. Kokoh serta pemberani jadi 2 kata kunci kriteria bakal capres yang bakal menemukan dukungannya. Semacam diketahui kegiatan puncak Musra yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu( 14/ 5/ 2023), ialah momen yang dinanti sebab disebut- sebut bakal jadi ajang Jokowi mengumumkan bakal capres pilihannya. Musra ialah kegiatan yang diadakan kumpulan sukarelawan Jokowi guna menjaring sosok bakal capres pilihannya.

Kegiatan puncak Musra kemarin juga, para sukarelawan Jokowi menyerahkan 3 nama kepada Jokowi, ialah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto serta Airlangga Hartarto. Ganjar ialah Gubernur Jawa Tengah yang telah dideklarasikan PDIP selaku bakal capres. Prabowo merupakan Menteri Pertahanan sekalian Pimpinan Umum Gerindra serta telah diusung jadi bakal capres oleh Gerindra serta partai koalisinya, PKB. Sebaliknya Airlangga ialah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Pimpinan Umum Golkar, dia pula dimandatkan jadi bakal capres oleh Golkar.

Kendati telah diserahkan 3 nama tersebut, Jokowi belum mengumumkan pilihannya. ” Ini negara besar bangsa besar. Serta rakyat kita rakyat Indonesia perlu pemimpin yang pas perlu pemimpin yang benar, yang dekat dengan rakyat. Yang mengerti hati rakyat, yang ketahui kebutuhan rakyat, yang ingin bekerja keras buat rakyat. Itu yang diperlukan.” ” Serta pemberani yang berani, pemberani demi rakyat. Rakyat perlu pemimpin yang mengerti, yang ngerti gimana memajukan negeri ini,” kata Jokowi menyebut kriteria suksesor idamannya.

Tidak cuma sekali dia menyebut sosok pemberani selaku calon pemimpin yang pas.Karena, kata Jokowi, Indonesia tidak boleh jadi negeri yang lembek di mata dunia. Hingga sosok pemimpinnya haruslah tidak penakut.” Sehingga sekali lagi nahkodanya itu wajib pemberani, berani mengambil resiko buat kepentingan negeri ini buat kepentingan bangsa ini,” ucap Jokowi.Tidak hanya berani, kata kuat pula jadi kode Jokowi mengatakan bakal capres pilihannya.” Oleh karena itu, ke depan negeri ini perlu kepemimpinan yang kokoh. Oleh karena itu, negeri itu perlu kepemimpinan yang kokoh serta sanggup menghadapi ketidakpastian dunia, sanggup menghadapi ketidakpastian global. Sepakat?”

” Kita perlu kepemimpinan yang kokoh. Itu yang baru saya upayakan. Oleh karena itu, kepemimpinan yang kokoh itu diperlukan,” kata Jokowi.

Isi Lengkap Pidato Jokowi

Assalamualaikum wr wb. Selamat siang. Salam sejahtera untuk kita semua. Shalom om swastiastu namo buddhaya salam kebajikan. Yang saya hormati pimpinan Wantimpres beserta segala anggota wantimpres yang muncul di sini. Ayah Wiranto, Bapak Sidharto, Bunda Gadis. Yang saya hormati pimpinan serta segala jajaran pengurus serta organ- organ sukarelawan. Yang saya hormati, dewan pengarah bapak Andi Gani, penanggung jawab Musra bapak Budi Arie, pimpinan OC Bapak Panel Barus. Yang saya hormati Gubernur DKI Jakarta bapak Heru Budi.

Saya ingat dahulu awal kali diadakan di Bandung bukan Agustus 2022. Serta saya muncul dikala itu. Saya ketahui motivasi apa diadakannya Musra ini. Sebab telah dicoba 29 kali di posisi provinsi- provinsi berbeda apalagi sekali di Hong Kong. Serta saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai upaya ini. Saya ketahui kerabat ingin, mau menjaga demokrasi di pangkal rumput. Kita mau menjaga demokrasi di pangkal rumput, bukan di elite tetapi di pangkal rumput.

Saya ketahui kerabat seluruh mau meresap aspirasi rakyat. Benar? Siapa sih yang dinginkan rakyat. Jangan hingga galat. Serta saya ketahui kerabat mau mencari mau menciptakan capres serta cawapres yang benar serta pas. Sebab yang kita dengarkan merupakan suara rakyat suara pangkal rumput bukan suara elite. Mengapa ini dicoba? Mengapa Musra dicoba? Sebab kita seluruhnya cinta negeri ini. Kita seluruhnya cinta bangsa ini. Jadi jika capek- capek 29 kali dari provinsi pindah ke provinsi ini pindah ke provinsi ini pindah ke Hon Kong. Mengapa letih, sebab tadi.

Saya sangat menghargai, saya sangat mengapresiasi aktivitas Musra yang dicoba para sukarelawan Jokowi ini. Bapak ibu kerabat sekaligus, negeri ini merupakan negeri besar. Bangsa ini bangsa besar penduduk kita telah 288 juta kurang lebih.

Ini negeri besar bangsa besar. Serta rakyat kita rakyat Indonesia perlu pemimpin yang pas perlu pemimpin yang benar, yang dekat dengan rakyat. Yang mengerti hati rakyat, yang ketahui kebutuhan rakyat, yang ingin bekerja keras buat rakyat. Itu yang diperlukan. Serta pemberani yang berani, pemberani demi rakyat. Rakyat perlu pemimpin yang mengerti, yang ngerti gimana memajukan negeri ini.

Sebab pemimpin itu, wajib mengerti serta ketahui kemampuan dan kekuatan negeri ini kekuatan bangsa ini apa, ia wajib ngerti ia wajib ketahui. Serta pemimpin wajib ketahui serta mengerti gimana memajukan negeri ini dari sisi mana serta sanggup menggunakan kesempatan yang terdapat. Bukan rutinitas, bukan rutinitas. Bukan cuma duduk di istana, bukan cuma rutinitas, bukan duduk di situ serta ciri tangan, bukan itu. Ia wajib ketahui membangun strategi negeri, strategi politiknya. Ia wajib ketahui seluruh.

Sebab kita berhadapan dengan negeri lain bersaing dengan negeri lain. Kita berkompetisi dengan negeri lain. Kesempatan kita jadi negeri maju itu terdapat dalam 13 tahun ke depan. Ini di informasikan oleh para ahli dalam negara ataupun luar. Peluang kita cuma ada di 13 tahun. Bonus demografi kita bakal timbul di tahun 2030. Serta dalam sejarah peradaban- peradaban negeri yang aku amati, kesempatannya cuma sekali dalam sejarah. Begitu kita keliru, memilah pemimpin yang pas buat 13 tahun ke depan, hilanglah peluang buat jadi negeri maju.

Hati- hati mengenai ini. Sejarah saya pelajari, sejarah di Amerika Latin tahun 50- an, 60- an, serta 70- an mereka telah terletak di posisi negeri tumbuh middle income. Namun telah 50 tahun mereka senantiasa jadi negeri tumbuh. Sebab apa? Sebab tidak dapat menggunakan kesempatan dikala itu. Serta mengejarnya lagi sudah tidak terdapat peluang lagi. Ini hendak terjalin di negeri kita. Begitu kita tidak dapat menggunakan waktu 13 tahun ini, terdapat yang namanya bonus demografi serta kita tidak dapat menggunakan, kita bakal jadi negeri tumbuh terus. Peluang itu tidak hendak timbul 2 kali dalam sejarah peradaban negeri.

Oleh karena itu, memilah pemimpin di tahun 2024 sangat krusial berarti sekali wajib pas serta benar. Saya bolak- balik mengantarkan jangan grusa- grusu. Jangan tergesa- gesa, sebab begitu galat kita tidak dapat memohon kembali lagi. Tidak dapat. Sekali lagi, serta saat ini kita ketahui kondisi dunia ketidakpastian global, hingga diperkirakan hingga 5- 10 tahun yang hendak tiba itu masih hendak terjalin. Sehingga sekali lagi nahkodanya itu wajib pemberani, berani mengambil resiko buat kepentingan negeri ini buat kepentingan bangsa ini.

Kita ketahui, Indonesia negeri kita ini mempunyai SDA sangat melimpah besar. Bukan cuma urusan tambang, bahan mineral, produk SDA laut sangat melimpah. Komoditas pertanian, perkebunan seluruhnya melimpah. Tetapi bertahun- tahun senantiasa kita ekspor dalam bahan mentah. Ini kekeliruan yang tidak boleh kita ulang lagi. Pemimpin yang hendak tiba wajib berani industrikan. Sehingga hilirisasi itu wajib dicoba. Apapun resikonya. Saat ini kita baru digugat oleh Uni Eropa, baru satu urusan saja. Nikel, digugat. Sementara itu bahan mineral kita bukan cuma nikel. Terdapat nikel, tembaga, timah, batubara, bauksit. Apakah kita ingin menyudahi sebab digugat Uni Eropa?

Jika pemimpinnya tidak berani tentu mundur memohon ampun. Digugat mundur langsung memohon ampun. Nah itu jangan bermimpi negeri ini jadi negeri maju. Itu baru bahan satu saja. Belum nanti sumber energi laut, komoditas perkebunan, serta perkebunan pula bukan cuma satu. Terdapat kopi, kakao serta banyak sekali yang masih dapat jadi kemampuan serta kekuatan kita. Serta yang kita harapkan seluruh nilai tambah itu terdapat di dalam negara. Jika bangsa kita, belum dapat mencerna sendiri, ya cari patner dari luar tidak apa- apa.

Yang berarti negeri dapat menemukan pajak dari sana, memperoleh PPh, bea ekspor, dari PnBP. Dapat memperoleh dari sana. Jika mentahan kita menemukan apa. Serta yang sangat berarti dapat membuka lapangan kerja seluas- luasnya buat negeri ini. Tetapi jika digugat tidak berani, jika digugat melempem ya tidak hendak hingga kita jadi negeri maju.Aku nanti hendak titip kepada pemimpin berikut, jangan khawatir digugat negeri manapun. Jika digugat, cari pengacara, cari lawyer yang terbaik supaya gugatan kita menang. Tetapi tahun kemarin gugatan kita kalah.

Kalah juga, saya sampaikan kepada menteri, tidak boleh mundur. Naik banding. Saya memohon naik banding. Sembari industrinya dituntaskan. Begitu nanti gugatannya rampung, industrinya rampung. Maksudnya telah dapat mencerna bahan mentah jadi bahan jadi. Itu yang namanya strategi negeri ya semacam itu. Bukan rutinitas. Oleh karena itu, ke depan negeri ini perlu kepemimpinan yang kokoh. Oleh karena itu, negeri itu perlu kepemimpinan yang kokoh serta sanggup mengalami ketidakpastian dunia, sanggup mengalami ketidakpastian global. Sepakat?

Kita perlu kepemimpinan yang kokoh. Itu yang baru aku upayakan. Oleh karena itu, kepemimpinan yang kokoh itu diperlukan. Yang mempunyai komitmen yang kokoh buat anti korupsi, yang mempunyai komitmen yang kokoh buat menjaga demokrasi. Berarti. Jangan nanti terdapat yang ingin Musra dilarang.

Inilah yang diperlukan oleh negeri kita ke depan. Serta tadi di ruang tunggu para pimpinan mengantarkan kepada saya sebagian nama yang terekam kokoh. Saya telah mendengar. Tetapi saya mau resmi. Tadi yang di informasikan pak Panel Barus itu formal. Belum saya buka. Belum saya buka. Jadi saya terus terang, ini wajib kita bagikan waktu kepada partai ataupun gabungan partai buat menuntaskan urusan capres cawapresnya semacam apa.

Setelah itu di informasikan Pak Panel Barus, saya hendak, udah ketahui kan artinya? Sebab bagi konstitusi itu yang dapat mencalonkan itu partai ataupun gabungan partai. Sehingga, itu bagian saya buat membagikan bisikan kokoh kepada partai- partai yang saat ini ini pula koalisinya belum berakhir.

Jadi jika saya ngomong saat ini, buat apa? Itu yang namanya strategi ya itu, jangan tergesa- gesa. Jangan grusa- grusu, jangan pengen cepet- cepetan. Sebab Belanda masih jauh. Namun aku sangat menghargai apa yang dicoba oleh Musra dalam menjaring nama- nama yang di idamkan oleh rakyat kita.

Terakhir, saya sangat bangga. Saya sangat bangga kalau segala sukarelawan, saudara- saudara seluruhnya masih solid serta kompak. Ini berarti. Jika kita tidak solid serta kompak, kita ini bakal dilecehkan. Ingin dilecehkan?

Jika kita kompak serta solid, kita hendak diperhitungkan. Sepakat? Nanti pada saatnya, pada waktu yang pas saudara- saudara seluruhnya hendak aku bisikin satu- satu entah berapa juta.

Saya rasa itu yang aku sampaikan. Terima kasih.

SALAM INDONESIA BERDIKARI

Wassalamualaikum wr wb. Merdeka!

Disarikan oleh JMKP

Sumber

Related posts

Inilah 5 Poin Pernyataan Ketua MKMK Yang bikin Ngeri-Ngeri Sedap

Tim Kontributor

Mantan Pangkostrad Letjen TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution Merasa Berdoasa

Tim Kontributor

Ini Yang Menjadi Sorotan Media Asing Tentang Gestur Gibran Saat Debat Pilpres Kemarin

Tim Kontributor

Leave a Comment