Faktual.id
Bisnis

Jenis – Jenis Jaringan dan Sejarahnya

Pada tahun 1940an, di Amerika serikat mengadakan sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama – sama. Hingga akhirnya berkembang pada tahun 1950an, jenis jenis komputer sangat bervariasi hingga terciptanya super komputer. Karena mahalnya harga perangkat komputer, ada beberapa tuntutan bahwa sebuah komputer harus mampu melayani beberpa terminal. Hingga pada akhirnya menemui konsep yang dikenal dengan nama Time Sharing System atau TSS. Lalu konsep ini di kembangkan menjadi proses distribusi. Dalam proses ini beberapa komputer server mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk menyambungkan beberapa terminal yang tersambung di setiap seri server.

Secara garis besar jaringan komputer terdiri dari lima jenis, diantaranya :
1. Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sangat jauh. Lalu juga LAN sering kali digunakan dalam menghubungkan komputer pribadi dalam kantor suatu perusahaan agar dapat saling bertukar informasi.

2.  Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Yaitu juga mencangkup kantor-kantor perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dan juga saling bertukar informasi.

3. Wide Area Network (WAN)
Jaringan ini memiliki jangkauan yang mencangkup area geografis yang sangat luas. Jenis jaringan ini terdiri dari kumpulan mesin – mesin yang bertujuan untuk menjalankan program – program pemakainya.

4. Wireless
Jaringan ini merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa di lakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Untuk saat ini jaringan ganpa kabel sudah umum digunakan dengan menggunakan jasa satelit yang mampu memberikan kecepatan yang lebih tinggi.

Penulis : MuhamadReza, Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

ANDA INGIN KULIAH TAPI TIDAK INGIN MENINGGALKAN PEKERJAAN ANDA?

penulis

Dampak Buruk Junk Food Untuk Kesehatan Tubuh

Tim Kontributor

Berkaca dalam kasus Eiger yang CONGKAK

Tim Kontributor

Leave a Comment