Faktual.id
KOMUNIKASI

Istagram di Kalangan Mahasiswa

Istagram merupakan salah satu dari media baru yang sedang di minati oleh hampir seluruh kaum milenial. Media baru merupakan bagian dari alat komunikasi massa pradigma baru,yaitu dari kemajuan teknologi internet. Dimana dalam Teori Komunikasi Massa yang di kenal Techhnological Determinism Theory  oleh Marshall Mc Luhan adalah bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri. Teknologi membentuk individu bagaimana cara berpikir ,berperilaku dalam maysrakat dan juga teknologi mengarahkan manusia untuk bergerak dari abad teknologi ke abad teknologi yang lain. Dan dalam Teori Komunikasa Massa Uses and Gratifications Theory dari Herbert Blumer mengatakan pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media untuk memuaskan kebutuhannya.

Instagram  dalam hal ini juga merupakan sebagai ajang presentasi diri . Instagram merupakan alat komunikasi massa  media baru ini, media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk menshare foto/video disetiap momen yang sangat mendukung untuk menunjukkan presentasi dan  eksistensi diri pemakainya. Presentasi diri dapat disebutkan sebagai penunjukkan diri sendiri bahwa diri seseorang itu ada. Sehingga  presentasi diri dalam media sosial itu adalah membuktian keberadaan seseorang melalui penggunaan media online, khusunya Instagram. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi massa pada media baru  yang berkembang seperti Instagram membuat cara atau pola komunikasi ikut berubah, cara memahami presenatsi diri pun ikut berubah dan mengakibatkan komplesitas kehidupan seolaholah telah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat. Para pengguna Instagram di kalangan mahasiswa beropini atau mempunyai prespektif dengan membagikan gambar, foto maupun video tentang kehidupan kesehariannya merupakan satu cara dalam menunjukkan presentasi diri mereka.

Mereka tanpa mengetahui ketika mereka dalam melakukan aktifitas kreatif yang baik dan menciptakan karya secara tidak langsung akan mengangkat presentasi diri mereka di masyarakat dan lingkungan tempat mereka beraktifitas. Dalam hal ini mereka menciptakan hasil foto-foto dan video . Hasil yang baik dalam foto dari view atau latar belakang yang indah, ketajaman resolusi juga gaya mereka tentu saja mereka upayakan yang terbaik sebelum penayangan atau upload di  media sosial Instagram mereka.

 

Jadi jelas Instagram dapat berperan sebagai alat media baru untuk menunjukkan presentasi  diri juga  di kalangan mahasiswa.  Dan keaktifan  menggunakan Instagram dimana  mereka akan merasa ada yang memperdulikan keberadaannya  juga  merasa dihargai . Bagaimanapun juga harus diakui  bahwa mahasiswa sebagai makhluk sosial  yang butuh aktuasi atau  pengakuan dari orang-orang sekitar. Tetapi juga harus dipahami oleh para mahasiswa umunya dn mahasiswa Widuri khususnya , bahwa dalam mempresentasikan  diri harus didasari secara baik dan benar juga bijaksana tidak secara berlebihan. Daripada itu, juga harus ditekankan bahwa seaktif apapun mereka didalam media sosial Instagram ,para mahasiswa Widuri harus tetap bersosialisasi /berinteraksi di dunia nyata. Karena hal itu juga merupakan satu faktor yang menjadi pendukung  nilai  presentasi diri para mahasiswa  di dunia nyata maupun dunia maya.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Managemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”. aris w/MMD3

 

 

Kategori : Ilmu Komunikasi

Related posts

Meningkatnya Pesepeda di Tengah Pandemi Covid-19.

Tim Kontributor

Edinson Cavani Penyerang Asal Uruguay Sebentar Lagi Di Rekrut Manchester United

Tim Kontributor

Kingsley Coman Tampil Gemilang Saat Menjamu Atletico Madrid di Pembukaan Liga Champion

Tim Kontributor

Leave a Comment